ICC akan Rilis Surat Penangkapan, Netanyahu Berpotensi Terseret

Ameidyo Daud Nasution
2 Mei 2024, 14:16
netanyahu, israel, icc
ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/hp/cf
Ammar Awad Seorang pria berjalan melewati spanduk kampanye pemilihan partai Likud yang menggambarkan pemimpinnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menjelang pemilihan tanggal 23 Maret 2021, di Bnei Brak, Israel, Senin (22/3/2021).
Button AI Summarize

Pengadilan Kriminal Internasional dikabarkan akan mengeluarkan surat penangkapan atas sejumlah pejabat Israel atas kekerasan di Gaza. Salah satu yang masuk dalam daftar adalah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

ICC sedang menyelidiki serangan lintas batas yang dilakukan Hamas pada tanggal 7 Oktober dan serangan militer Israel yang menghancurkan di Gaza, yang kini memasuki bulan ketujuh.

Adapun, Netanyahu langsung bereaksi atas sinyal perintah penangkapan tersebut. "Ini adalah skandal dalam skala bersejarah," katanya dikutip dari Reuters, Kamis (2/5).

Ketua Jaksa ICC, Karim Khan mengatakan pengadilan tersebut memiliki yurisdiksi atas potensi kejahatan perang. Adapun, Israel bukan anggota ICC dan tak mengakui yurisdiksi tersebut.

Netanyahu mengatakan bahwa surat perintah penangkapan apa pun dari ICC tidak akan mempengaruhi tindakan Israel. Ia tak akan bergeming untuk membebaskan seluruh sandera.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...