Eko Patrio, Pelawak dan Politisi yang Berpotensi jadi Menteri dari PAN

Ameidyo Daud Nasution
6 Mei 2024, 12:26
eko patrio, pan, prabowo
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Komedian Eko Hendro Purnomo berpose sebelum mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya pada pelantikan tersebut..
Button AI Summarize

Nama Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio muncul menjadi salah satu calon menteri yang akan diajukan Partai Amanat Nasional (PAN) ke Prabowo Subianto. Bahkan, hal ini disampaikan langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Zulhas awalnya menyebutkan beberapa nama kadernya yang bisa maju di Pilkada Jakarta. Sejumlah nama potensial adalah Zita Anjani, Pasha Ungu, hingga Eko Patrio.

"Tapi Eko calon menteri ya," kata Zulhas kepada awak media di Jakarta, Minggu (5/5).

Meski demikian, Zulhas tak mengungkapkan apa posisi menteri yang akan diemban oleh Eko. Ia menunggu dinamika politik ke depannya sebelum memastikan posisi Eko Patrio.

Terkenal Lewat Patrio

Dikutip dari berbagai sumber, Eko saat ini merupakan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), jabatan yang diembannya sejak 2009 silam. Sebelum itu, ia terkenal sebagai pelawak dan selebriti.

Pria kelahiran Jakarta, 30 Desember 1970 ini merupakan lulusan Ilmu Jurnalistik dari Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta. Saat masih berstatus pelajar SMA, ia bersama dua temannya sempat membentuk grup lawak bernama Seboel.

Grup ini kerap tampil di sejumlah radio dan membuka jaringan Eko dengan pelawak lain seperti Warkop. Namun belakangan, Seboel akhirnya bubar usai dua teman Eko keluar dari grup tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...