PT KAI Operasikan Kereta Tambahan Antisipasi Libur Panjang

Uji Sukma Medianti
Oleh Uji Sukma Medianti - Tim Publikasi Katadata
8 Mei 2024, 15:12
Ilustrasi libur panjang
PT KAI (Persero)
Ilustrasi libur panjang
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan 7 kereta api (KA) tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan pada libur long weekend Kenaikan Yesus Kristus yang akan berlangsung mulai Kamis, 9 Mei 2024.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan resmi, Rabu (8/5).

Berdasarkan pantauan pada Rabu (8/5), total tiket kereta api yang terjual pada Rabu (8/5) hingga Minggu (12/5) yaitu sebanyak 520.447 tiket atau rata-rata 104.089 tiket per hari. Jumlah tersebut telah mencapai 70 persen dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual. Angka penjualan tiket ini masih akan terus bergerak seiring dengan mendekati masa long weekend.

KAI juga mencatat telah terjadi lonjakan penumpang pada keberangkatan Rabu (8/5) dimana terdapat 145.693 penumpang, meningkat 3 persen dibanding Rabu (1/5) sebanyak 141.943 penumpang.

Adapun keberangkatan penumpang dari Jakarta juga terpantau padat. Jumlah penumpang keberangkatan Rabu (8/5) dari Stasiun Pasarsenen sebanyak 16.975 penumpang dengan okupansi mencapai 80 persen. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Gambir sebanyak 10.912 penumpang dengan okupansi 80 persen.

KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun channel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...