Golkar Godok Nama Raffi Ahmad jadi Cawagub Jateng, Bisa Genjot Suara?

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Mei 2024, 18:05
raffi ahmad, jawa tengah, pilkada
Tangkapan Layar Instagram @raffinagita1717
Raffi Ahmad menjajal kereta cepat bersama Presiden Joko Widodo dari Stasiun Halim Jakarta, hingga Stasiun Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Rabu (13/9).
Button AI Summarize

Partai Golkar mengggodok sejumlah nama dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah tahun ini. Salah satu yang masuk bursa adalah artis yang juga pemilik RANS Entertainment yakni Raffi Ahmad sebagai calon Wakil Gubernur Jateng.

Keikutsertaan artis dalam panggung politik bukan fenomena baru di Indonesia. Partai politik atau parpol yang menggandeng selebriti dapat meraih sejumlah keuntungan, antara lain peningkatan popularitas partai dan sumber tambahan pendanaan kampanye.

Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for strategic and international Studies (CSIS) Nicky Fahrizal, mengatakan strategi menggaet Raffi Ahmad untuk menjadi calon wakil gubernur merupakan taktik cerdik untuk menarik antensi dan suara masyarakat Jateng.

"Public figure punya sumber daya yang besar dan itu bisa menambah dukungan kampanye terutama logistik," kata Nicky saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Selasa (14/5).

Namun, dia mengutarakan kekhawatiran dampak masuknya artis ke dalam gelanggang politik. Nicky mengatakan artis yang ikut dalam pemilihan umum cenderung memiliki pengalaman minim karena hanya mengikuti sekolah partai yang singkat.

"Kekhawatiran publik yakni bukan soal siapa yang mencalonkan diri, tapi bagaimana sosok itu mengelola pemerintahan dengan dengan baik," ujarnya.

Senada dengan Nicky, pakar komunikasi politik Universitas Padjajaran (Unpad) Kunto Adi Wibowo menyebut sosok artis merupakan instrumen potensial untuk mengerek suara parpol dalam ajang pemilihan umum.

"Untuk menarik perhatian pemilih, artis masih punya peran yang besar di Indonesia, apalagi kebanyakan pemilih kita bukan pemilih rasional," kata Kunto.

Melansir Antara, nama Raffi Ahmad muncul dalam radar pencalonan di Pilkada Jawa Tengah 2024 oleh Partai Golkar. Saat ini, Partai Golkar masih menggodok nama-nama yang ada, salah satunya Raffi Ahmad yang masuk bursa calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Tengah.

Nama Raffi Ahmad muncul usai beredar video di media sosial yang menunjukkan Raffi Ahmad terlihat sedang sesi pengambilan foto bersama Bupati Kendal sekaligus kader Golkar Dico Ganinduto. Dalam Video itu, terlihat keduanya mengenakan kemeja putih dan peci hitam.

"Nama Raffi kami juga monitor. Masuk dalam radar kami," kata Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia kepada wartawan Rabu (8/5)

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...