Legenda Binaraga Asal Papua Levi Rumbewas Meninggal Dunia

Desy Setyowati
18 Mei 2024, 17:33
Legenda binaraga Levi Rumbewas, papua, atlet papua,
ANTARA/HO-PBFI/Andi Firdaus/am
Legenda binaraga Indonesia Levi Rumbewas
Button AI Summarize

Legenda binaraga Indonesia Levi Rumbewas meninggal dunia di Rumah Sakit Provita, Kota Jayapura, Papua. Levi telah lama menderita penyakit stroke dan batu ginjal.

Kabar wafatnya Levi Rumbewas dikonfirmasi oleh Sekretaris Pengurus Provinsi Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia atau PP PBFI Billy Watori pada Jumat (17/5).

"Selamat jalan Patriot Olahraga kebanggaan Indonesia, jasamu selalu kami kenang, perjuanganmu mengharumkan bangsa dan negara melalui olahraga akan kami lanjutkan,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn. Marciano Norman dalam keterangan resmi KONI Pusat, Sabtu (18/5).

Levi Rumbewas merupakan penyandang gelar atlet binaraga terbaik di Asia Tenggara pada 1987. Ia juga mengamankan medali emas dalam SEA Games XIV di Jakarta, SEA Games 1989 di Malaysia, dan 1991 di Filipina.

Di kancah Asia, atlet asal Papua tersebut disegani karena menyabet gelar Mr Asia 1991 kelas ringan 70 kg. Ia juga menyabet gelar most improver yang hanya diberikan kepada atlet binaraga yang dinilai dewan juri memiliki perkembangan fisik dan kemajuan pesat dari setiap pertandingan.

Levi Rumbewas mencapai puncak karier saat menjadi atlet terbaik ketujuh dunia lewat World Games di Belanda pada 1989.

Selain itu, Levi Rumbewas merupakan atlet yang meraih lima medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON, yakninpada 1981, 1985, 1989, 1993 dan 1996.

Levi Rumbewas merupakan ayah dari Lisa Raema Rumbewas yang lebih dulu meninggal dunia pada 14 Januari di RSUD Jayapura.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...