Disambut Luhut, Elon Musk Tiba di Bali untuk Resmikan Starlink

Tia Dwitiani Komalasari
19 Mei 2024, 08:58
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyambut kedatangan CEO Tesla dan Space X Elon Musk di Bali untuk menghadiri World Water Forum ke-10 dan meresmikan peluncuran layanan internet Starlink.
Instagram @luhut.pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyambut kedatangan CEO Tesla dan Space X Elon Musk di Bali untuk menghadiri World Water Forum ke-10 dan meresmikan peluncuran layanan internet Starlink.
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyambut kedatangan CEO Tesla Inc. sekaligus SpaceX, Elon Musk, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali (19/5). Elon Musk akan meresmikan peluncuran Starlink bersama dengan Presiden Joko Widodo di hari yang sama.

Luhut mengatakan, Elon Musk tiba di Bali untuk memenuhi undangan dari pemerintah Indonesia dalam rangka menghadiri World Water Forum ke-10. Sebelumnya, Elon Musk sempat absen saat diundang pemerintah Indonesia untuk menghadiri KTT G20 di Bali.

"Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini, kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama disini dan tentunya beberapa kerjasama penting," kata Luhut dikutip dari Instagramnya @luhut. pandjaitan, Minggu (19/5). 

Elon Musk akan meresmikan layanan Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia. Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden Joko Widodo hari ini dari salah satu puskesmas di wilayah Denpasar, Bali.

Luhut mengatakan, digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat melalui ketersediaan akses internet yang merata di seluruh provinsi. Ketersediaan internet tersebut juga dapat membuat masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan.

Sebelumnya, Luhut mengungkapkan peluncuran Starlink akan dihadiri sejumlah menteri lainnya. Adapun menteri yang turut hadir dalam peluncuran Starlink adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Selain hadir di Bali untuk meluncurkan Starlink, Luhut juga mengungkapkan bahwa Elon Musk akan memberi sambutan dalam pembukaan World Water Forum Ke-10 di Bali pada Senin (20/5) pagi.

“Dia (Elon Musk) akan berbicara sebagai Prominent Speaker, dan selain itu (Elon) akan bertemu presiden di tempat opening ceremony,” ujar Luhut setelah menghadiri upacara Segara Kerthi yang digelar di Bali, Sabtu (18/5).

Secara terpisah, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong mengatakan peluncuran Starlink juga akan dilakukan Musk bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nanti ada Pak Presiden,” ujar Usman.

Pada acara "Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth", Luhut mengungkapkan bahwa Starlink, sebuah layanan internet berbasis satelit, akan diluncurkan pada pertengahan Mei 2024.

Saat ini, Indonesia bersama Starlink sudah menandatangani kesepakatan dan lisensi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan layanan internet berbasis satelit tersebut di Indonesia.


Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...