PKB-PKS Bakal Koalisi di Pilkada Jawa Timur, Lawan Duet Khofifah-Emil

Ira Guslina Sufa
21 Mei 2024, 15:15
PKB
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww.
Sejumlah kader dan simpatisan PKB mengantarkan bacaleg yang akan mendaftar di KPU Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (13/5/2023).
Button AI Summarize

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda mengatakan partainya telah bersepakat dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk berkoalisi pada Pilkada Jawa Timur 2024. Syaiful mengatakan kepastian koalisi secara resmi bakal  diumumkan dalam beberapa pekan mendatang.

"Teman-teman PKS bersepakat untuk bangun koalisi, namun komunikasi dengan PKB, kita lihat mungkin seminggu, dua minggu, ini," kata Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5). 

Menurut Syaiful partainya telah menyiapkan eks Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar sebagai salah satu nama untuk diusung pada Pilkada Jawa Timur 2024. Selain itu PKB juga tengah menyiapkan calon lain yang berasal dari kelompok perempuan. 

Apabila PKB dan PKS jadi berkoalisi, maka calon yang akan diusung akan berhadapan dengan pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak yang kembali maju pada Pilkada Jawa Timur 2024. Pasangan Khofifah dan Emil sudah mengantongi dukungan dari sejumlah partai. 

Pada Jumat (17/5), Partai Golkar secara resmi mengusung mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Khofifah - Emil di Pilkada Jawa Timur 2024. Mereka juga sudah mendapat dukungan dari Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Timur (Jatim). Surat dukungan PPP diterima pada Sabtu (18/9). 

"Waktunya ini sangat singkat, DPW PPP Jawa Timur sat-set. Selamat kepada Ibu Khofifah beserta Pak Emil Dardak," kata Ketua DPW PPP Jawa Timur Mundjidah Wahab, di kantor partai tersebut, Jalan Kendangsari, Surabaya.

Pilkada Jawa Timur akan dilaksanakan pada 27 November 2024 dan dilakukan serentak dengan Pilkada di 38 kabupaten/kota di provinsi setempat. Selain dari Golkar dan PPP, Khofifah dan Emil juga sudah mendapat restu dari Gerindra dan Demokrat. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...