Sekjen Gerindra Jagokan Sudaryono Jadi Cagub di Pilkada Jawa Tengah

Ira Guslina Sufa
23 Mei 2024, 21:00
Gerindra
ANTARA FOTO/Bagus Ahmad Rizaldi/wpa/aww.
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kanan) bersama sejumlah sekjen partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) menyampaikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (24/10/2023).
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mendorong agar Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Sudaryono maju sebagai bakal calon kepala daerah dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024. Menurut Muzani, elektabilitas nama Sudaryono di berbagai lembaga survei sudah semakin meningkat. 

"Pak Sudaryono adalah harapan internal Partai Gerindra untuk bisa didorong menjadi calon Gubernur Jawa Tengah," kata Muzani seperti dikutip Kamis (23/5).

 Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu mengatakan partainya sejumlah nama kader internal yang bakal diusung di sejumlah daerah pada Pilkada serentak 2024. Nama-nama calon kepala daerah yang akan diusung menurut Muzani masih dalam tahap finalisasi. 

 "Tapi, soal calon gubernur, bupati dan wali kota di Gerindra itu ada di Ketua Umum, Ketua Dewan Pembina Pak Prabowo," katan.

 Selain itu, dia juga mengatakan bahwa ada tiga nama yang sudah disiapkan untuk Pilgub Jakarta 2024. Meski begitu, dia belum bisa menyebutkan tiga nama tersebut karena nantinya akan diumumkan oleh pimpinan partai.

 Nama-nama yang masuk dalam radar Gerindra menurut Muzani sudah diperbincangkan dengan partai-partai lain. Dia menilai Pilgub Jakarta akan lebih eksklusif dibandingkan dengan daerah lainnya.

Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan pilkada serentak 2024 akan digelar pada 27 November 2024. Masa pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024. 

Saat ini belum ada partai yang mendeklarasikan dukungan untuk tokoh tertentu dalam pilkada. Nama-nama yang berada baru sebatas usulan sembari melakukan penjajakan untuk membangun koalisi di Pilkada. 

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...