Ahok Tepis Isu Maju Pilgub Sumatra Utara: Saya Tak Begitu Paham Sumut

Nur Hana Putri Nabila
26 Mei 2024, 20:57
ahok, pdip, sumut
Instagram @BasukiBTP
Basuki Tjahaja Purnama
Button AI Summarize

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok buka suara usai disebut-sebut oleh PDIP untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Sumatra Utara (Sumut).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa dirinya tak terlalu paham Sumut. “Enggak lah. Saya juga tak gitu paham Sumut juga," kata Ahok kepada wartawan usai Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Minggu, (26/5).

Ahok mengatakan dirinya memang telah menerima tugas dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, hingga saat ini penugasan yang diberikan belum spesifik disampaikan.

Namun ia berjanji kepada Megawati untuk membantu teman-teman yang mau maju ke Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). “Belum resmi suratnya tapi dalam pembicaraan dengan Ibu memang untuk bantu teman-teman yang pilkada dan membantu masyarakat," katanya.

Megawati mengatakan dirinya telah memberikan tugas kepada Ahok. Megawati mengungkapkan Ahok meminta tugas usai dirinya keluar dari pemerintahan.

“(Ahok) bilang pada saya ‘Ibu, minta tugas’, (saya bilang) 'oke, sudah ada tugasnya',” kata Megawati saat menyampaikan awalan pidato rekomendasi hasil Rakernas V Partai, Minggu (26/5).

Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Rapidin Simbolon mengatakan telah menjalin komunikasi dengan mantan Gubernur Jakarta tersebut sebanyak dua kali untuk menanyakan kesiapannya maju dalam kontestasi di Sumut. Menurut Rapidin, dalam dua kali upaya komunikasi yang dilakukan, Ahok mengatakan siap.

"'Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut, ke Papua juga saya siap," kata Rapidin menirukan ucapan Ahok, Sabtu (25/5/2024). "

Reporter: Nur Hana Putri Nabila

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...