Gerindra Beri Sinyal Usung Dedi Mulyadi-Bima Arya di Pilkada Jabar

Ade Rosman
11 Juni 2024, 15:03
gerindra, dedi mulyadi, jawa barat
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/tom.
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi (kanan) berbincang dengan pedagang saat kunjungan kerja di Pasar Badung, Denpasar, Bali, Senin (19/12/2022).
Button AI Summarize

Partai Gerindra mulai memberikan sinyal ke mana pilihan mereka berlabuh di Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Partai besutan Prabowo Subianto itu cenderung mendukung pasangan Dedi Mulyadi-Bima Arya sugiarto di Pilkada Jabar.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kecenderungan itu didapat dari komunikasi yang telah dinalin dengan partai koalisi.

"Pembicaraan-pembicaraan dengan teman-teman koalisi untuk di Jawa Barat memang lebih mengarah ke Dedi Mulyadi dan cawagubnya Pak Bima Arya," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6).

Dasco mengatakanpartainya pun tengah melakukan survei di internal. Hal itu dilakukan sembari menunggu pendaftaran yang dibuka oada Agustus mendatang.

"Survei-survei ini akan terus dilakukan dan penguatan-penguatan di bawah akan terus dilakukan," kata dia.

Wakil Ketua DPR itu membantah adanya beda pendapat Gerindra dengan Golkar mengenai nama yang akan diusung di Pilkada Jawa Barat. Golkar sebagaimana diketahui memproyeksikan Ridwan Kamil untuk kembali maju menjadi orang nomor satu di Jawa Barat.

"Sebenarnya bukan perbedaan pendapat, ini kan hitungan mana yang lebih prioritas, maju di mana kemudian untuk meraih kemenangan," kata Dasco.

Dedi Mulyadi merupakan Bupati Purwakarta pada periode 2008-2013 dan 2013-2018. Mantan politisi Golkar ini bergabung dengan Partai Gerindra pada pertengahan 2023. 

Sedangkan Bima Arya Sugiarto merupakan Wali Kota Bogor periode 2014-2019 dan 2019-2024. Bima juga saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN).

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...