Edy Rahmayadi Datangi PKB untuk Uji Kelayakan Cagub Sumut

Amelia Yesidora
11 Juni 2024, 15:47
pkb, edy rahmayadi, sumut
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/nz
Mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (tengah) menyapa warga saat acara perpisahan akhir masa jabatan di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan, Selasa (5/9/2023).
Button AI Summarize

Mantan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyambangi Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa atau DPP PKB sore ini. Ia akan menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan calon kepala daerah Sumatera Utara.

“Fit and proper test,” kata Edy pada wartawan di DPP PKB, Jakarta, Selasa (11/6).

Dari pantauan Katadata.co.id, Edy tiba di DPP PKB sekitar 13.40 WIB. Ia datang dengan mobil Alphard dan mengenakan batik coklat. Mantan Ketua PSSI ini menyebut dirinya tidak melakukan persiapan khusus.

“Persiapannya sudah lima tahun yang lalu, melanjutkan kegiatan lima tahun ke depan,” ujarnya.

Sebelumnya Edy telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur di PDIP. Ia mengaku terkesan dengan partai berlogo banteng itu karena kerap mengawal kebijakannya saat menjabat Gubernur Sumatera Utara.

Selain PDIP dan PKB, Edy juga mendaftar di PKS, Demokrat, dan NasDem. “Karena PDIP partai besar, saya datang, saya melamar. Berikutnya adalah hak dan kewajiban partai untuk menimbang itu," kata Edy di Kantor DPD PDIP Sumut, Medan, Senin (6/5)

 Edy sendiri adalah sosok petahana, pernah menjabat Gubernur Sumatera Utara dari 2018–2023. Kala itu, ia diusung lima partai yakni Golkar, Hanura, Gerindra, PKS, dan PAN.

Wakilnya kala itu adalah Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck. Lawannya dalam Pilkada 2018 adalah pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. Pasangan ini diusung oleh PDIP dan PPP. 

PKB sebelumnya telah menggelar UKK calon Gubernur Sumut untuk Wali Kota Medan Bobby Nasution. PKB mengakui ada sinyal kuat untuk mengusung menantu Presiden Jokowi itu di Pilgub Sumut.


Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...