Temui MBS, Prabowo Minta Arab Saudi Wujudkan Keadilan untuk Palestina

Ameidyo Daud Nasution
13 Juni 2024, 11:27
prabowo, mbs, palestina
Kementerian Pertahanan
Pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Pangeran Muhammad bin Salman di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (11/6). Foto: Kementerian Pertahanan
Button AI Summarize

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (12/6). Dalam pertemuan tersebut, Prabowo dan MBS membahas situasi global hingga Palestina.

Prabowo berharap Arab Saudi bisa memimpin kawasan untuk mempromosikan perdamaian di Palestina. Prabowo lalu menyinggung dukungan untuk Palestina. dalam KTT Call to Action untuk Gaza di Yordania beberapa hari lalu.

"Saya mengandalkan kepemimpinan anda dalam membela perdamaian, keadilan, dan kemanusiaan untuk Palestina," kata Prabowo dalam keterangan tertulis Kemenhan, Kamis (13/6).

Prabowo juga meminta Israel patuh terhadap perintah Mahkamah Internasional. Indonesia juga akan mendukung keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Prabowo juga mengajak Arab Saudi meningkatkan potensi perdagangan kedua negara. Beberapa di antaranya industri pertahanan, pertanian, industri halal, hingga industri kreatif.

Sementara, MBS mengatakan Indonesia adalah rumah kedua bagi Arab Saudi. Sepakat dengan Prabowo, ia berharap ada peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi dengan Indonesia.

Soal Palestina, MBS mengatakan hingga saat ini gencatan senjata masih belum menemui titik temu.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Pangeran Khalid bin Salman, Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan, serta Penasihat Keamanan Nasional Arab Saudi Musaed bin Mohammed Al-Aiban.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...