ProJo Dukung Ridwan Kamil, Bukan Anies - Kaesang di Pilgub Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Juni 2024, 11:51
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pendapat saat diwawancari oleh CEO Katadata Metta Dharmasaputra di Bandung, Selasa (23/8).
Wahyu Dwi Jayanto|Katadata
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pendapat saat diwawancari oleh CEO Katadata Metta Dharmasaputra di Bandung, Selasa (23/8).
Button AI Summarize

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) Budi Arie Setiadi mengatakan telah menginstruksikan jajarannya untuk mendukung Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta tahun ini.

"RK dong kalau kami," kata Budi Arie di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (13/6).

Dia menambahkan, ProJo akan mendukung setiap bakal calon kepala daerah yang mendapat dukungan dari Presiden Jokowi maupun anggota Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada ajang pemilihan kepada daerah serentak 27 November mendatang.

Oleh sebab itu, Budi Arie memastikan ProJo tak akan mengalihkan dukungan kepada Anies Baswedan di Pilgub Jakarta. "Oh engga dong, pokoknya kami mendukung semua yang dilakukan Pak Jokowi, Pak Prabowo, Mas Gibran," ujarnya.

Kendati demikian, Budi Arie masih belum memberikan sikap lebih lanjut ihwal kabar burung duet Anies-Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta. "Ya itu biarkan saja, kan masih 27 Agustus tenggat waktu pendaftaran Pilkada," kata Budi Arie.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep justru membuka diri bila dipasangkan dengan Anies. Putra bungsu Presiden Jokowi itu bahkan menyinggung posisi Anies dalam survei. 

“Saya kira itu juga baik. Saya kira sekarang Pak Anies surveinya juga yang paling tinggi," kata Kaesang kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (12/6). 

Adapun PKB sebut membuka peluang siapapun untuk menjadi calon wakil gubernur Anies, termasuk Kaesang Pangarep. Ketua Dewan Perwakilan Wilayah atau DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengatakan partainya telah berkomunikasi dengan PSI, partai yang dipimpin Kaesang.

Hasbiallah juga menjamin sikap PKB tidak akan berubah hingga pendaftaran kandidat pada Agustus mendatang. Ia menyatakan PKB akan serius membangun komunikasi dengan partai-partai lain untuk mendukung Anies. 

“Mudah-mudahan kami bisa komunikasi dengan PSI, mudah-mudahan Anies-Kaesang,” kata Hasbiallah di Kantor DPW PKB, Jakarta, Rabu (12/6).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...