Kader PDIP Tolak Anies Diduetkan dengan Kaesang di Pilkada Jakarta

Ade Rosman
14 Juni 2024, 17:07
PDIP soal Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Anies Baswedan usai mencoblos di TPS 28 Cilandak Barat, Jakarta, Rabu (19/4/2017).
Button AI Summarize

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jakarta, Pantas Nainggolan menyatakan, dirinya tak mau memasangkan Anies Baswedan dengan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep. Menurut Pantas, keberadaan Kaesang di bursa calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta dari PDIP hanya akan membuat gaduh. 

"Tidak usah lah mengulangi tragedi-tragedi Pilpres di Jakarta," kata Pantas di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Jumat (14/6).

Pantas mengakui pernyataan yang ia buat merupakan pendapat. Meski begitu ia berhadap pengurus pusat partai tak merealisasikan wacana itu. Menurut Pantas keputusan akhir calon yang diusung PDIP akan ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Terkait Pilkada Jakarta, Pantas menyebut DPD PDIP telah melakukan penjaringan. Nantinya, tiap nama yang terjaring akan diserahkan ke DPP PDIP. "Salah satunya yang terjaring itu adalah Anies Baswedan," kata dia.

Selain Anies, Pantas menyebut sejumlah nama lain yang terjaring yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Tokoh lain adalah Prasetyo Edi Marsudi, dan juga Andika Perkasa.

Sebelumnya Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto menyatakan keseriusan partainya untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. Menurut Utut, sosok Anies Baswedan memiliki kualifikasi yang mumpuni. 

Utut mengatakan, faktor yang menjadi patokan PDIP dalam mengusung calon di Pilkada yakni popularitas dan elektabilitas. Selain itu partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menilai Anies tak memiliki ideologi yang tak bertentangan dengan partai.

"Nanti ditimbang-timbang Pak Anies itu seperti apa, popularitas pasti, elektabilitasnya seperti apa, tidak merepotkan ideologi kami tidak, intinya itu," kata Utut kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6).

Utut beranggapan pengalaman Anies dalam memimpin Jakarta sudah teruji. Selain itu ia menyebut Anies juga tak mengamini ideologi yang bertentangan dengan PDIP.

Anies saat ini telah mengantongi dukungan resmi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju di Pilkada. Adapun, Kaesang yang merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku tak masalah jika disandingkan dengan mantan Anies di Pilkada Jakarta. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...