Pangandaran Jawa Barat Dua Kali Gempa Magnitudo 5,1 dan 4,8

Desy Setyowati
1 Juli 2024, 06:24
Gempa di Pangandaran, Jawa Barat
BMKG
Gempa di Pangandaran, Jawa Barat pada Minggu malam (30/6)
Button AI Summarize

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melaporkan terjadi gempa bumi dengan magnitudo 5,1 di Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (30/6) sekitar pukul 23.06 WIB dan Senin (1/7) pukul 3.51 WIB.

Gempa di Pangandaran, Jawa Barat pada Minggu malam berpusat di laut pada kedalaman 10 kilometer di koordinat 9.68 lintang selatan dan 107.41 bujur timur. Titik gempa berada di 250 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran.

Sementara itu, gempa pada Senin pagi (1/7) berpusat di laut pada kedalaman 10 kilometer di koordinat 10.02 lintang selatan dan 107.18 bujur timur. Titik gempa berada di 296 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran.

Guncangan gempa dirasakan beberapa saat di daerah Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan skala intensitas II-III MMI. Kemudian Cibalong dan Cikelet, Kabupaten Garut dengan skala intensitas II MMI.

BMKG mencatat, gempa di Pangandaran, Jawa Barat dipicu oleh adanya aktivitas lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah Lempeng Eurasia.

"Berjenis gempa bumi dangkal dengan mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan pers di Jakarta, Senin.

Ia memastikan gempa tersebut tidak menimbulkan potensi tsunami.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...