Baju Atlet RI di Olimpiade Telah Dirilis, Rancangan Didit Anak Prabowo

Ameidyo Daud Nasution
5 Juli 2024, 11:37
olimpiade, didit hediprasetyo, prabowo
ANTARA FOTO/Dhemas Reviy
Pengunjung mengamati salah karya pada pameran fotografi dalam rangka "Reveal Jersey Merah Putih" di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (4/7/2024).
Button AI Summarize

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) merilis seragam resmi kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. Jersey tersebut dirancang oleh desainer Didit Hediprasetyo.

Peluncuran dilakukan di hotel The Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (5/7). Didit juga sempat menjelaskan ide pembuatan seragam terinspirasi dari sebuah lagu nasional.

"Waktu itu, saya cari inspirasi untuk koleksi ini. Sempat riset dan menemukan (inspirasinya) dari mendengarkan lagu Berkibarlah Benderaku," kata putra Prabowo Subianto itu dikutip dari Antara.

Ada dua set seragam dan atribut resmi yang wajib digunakan atlet, ofisial KOI, serta tim Chef de Mission. Tak hanya itu, ada pula seragam bermotif khusus untuk penerimaan medali. Kontingen juga mendapatkan seragam tambahan untuk latihan dan area resmi.

Untu para atlet, mereka akan mendapatkan seragam berupa kaus, celana pendek, track pants, serta seragam bertanding sesuai cabang olahraga mereka di Olimpiade Paris.

Pameran jersey kontingen Indonesia untuk Olimpiade
Pameran jersey kontingen Indonesia untuk Olimpiade (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wpa.)

Seluruh seragam kontingen Indonesia juga masih dibuat oleh perusahaan Cina yakni Li Ning. Ini berarti jenama yang sama masih digunakan seperti saat Olimpiade Tokyo 2020.

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari memuji kontribusi Didit yang langsung menerima tawaran merancang desain seragam kontingen Indonesia. Tak hanya itu, Raja juga mengungkapkan bantuan lain yang diberikan Didit.

"Bukan hanya desain, ternyata keuangan juga dibantu dari Didit Hediprasetyo Foundation," katanya.

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengaku senang Didit bisa terlibat mendesain seragam. Menurutnya, hal ini penting karena Olimpiade digelar di Paris yang merupakan tolok ukur fesyen dunia.

"Kita memiliki Mas Didit, di dunia internasional namanya sangat gemilang," kata Dito.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...