Survei Pilgub Jakarta Litbang Kompas: Anies 29%, Ahok 20%, Kaesang 1%

Amelia Yesidora
16 Juli 2024, 13:34
anies, ahok, kaesang
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menunjukkan jari yang telah dicelup tinta usai melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di TPS 60, Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Survei Litbang Kompas menunjukkan duo Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi pilihan teratas masyarakat menjelang Pilkada Jakarta 27 November nanti. Sedangkan di posisi tiga muncul nama eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 “Anies menempati posisi teratas secara elektoral, yakni mencapai 29,8%, kemudian disusul Ahok dengan 20%,” tulis Litbang Kompas, dilansir dilansir Selasa (16/7). Elektabilitas dua orang mantan gubernur Jakarta ini terpaut jauh dari posisi ketiga yakni Ridwan Kamil dengan tingkat elektabilitas 8,5%.

Sedangkan elektabilitas Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berada di urutan buncit dengan angka 1%. Elektabilitas putra bungsu Presiden Joko Widodo itu setara Tri Rismaharini, Heru Budi Hartono, dan Andika Perkasa.

 Litbang Kompas juga menyebut Anies berpotensi menguasai dukungan secara signifikan. Selain elektabilitasnya tinggi, Anies punya barisan pemilh yang loyal alias strong voters. Ahok juga punya barisan loyalis, tapi nilainya tidak sebesar Anies.

“Diperkirakan 39 persen pemilih menyatakan niatnya ”pasti akan memilih” Anies. ,” tulis laporan ini.

Angka tersebut bisa dibandingkan dengan besaran loyalitas dukungan Ahok. Litbang Kompas menghitung jumlah pemilih yang pasti akan memliih Ahok jika pilkada Jakarta dilakukan saat ini sebesar 34,5%.

Diskusi bertema Ahok is Back
Diskusi bertema Ahok is Back (ANTARA FOTO/Reno Esnir/nz)

 

Meski punya barisan loyalis kuat dan elektabilitas tinggi, ada derajat penolakan publik yang signifikan terhadap Anies dan Ahok. Apabila Anies maju menjadi calon gubernur, misalnya, 17,3% menyatakan ”tidak akan memilih” dirinya. Begitu juga Ahok, 17,8% ”tidak akan memilih” dirinya.

Adapun sebanyak 30% responden survei masih belum menjawab siapa tokoh yang mereka anggap layak menjadi calon gubernur Jakarta. 

Survei tersebut dilakukan lewat wawancara tatap muka pada 15–20 Juni 2024. Ada sebanyak 400 responden yang dipilih secara acak, dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error + 4,9%.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...