Survei Pilgub Jabar Litbang Kompas: Ridwan Kamil 36%, Dedi Mulyadi 12%

Amelia Yesidora
17 Juli 2024, 18:29
ridwan kamil, dedi mulyadi, survei
Wahyu Dwi Jayanto|Katadata
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pendapat saat diwawancari oleh CEO Katadata Metta Dharmasaputra di Bandung, Selasa (23/8).
Button AI Summarize

Survei Litbang Kompas menempatkan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam elektabilitas tertinggi menjelang Pilkada serentak November nanti. Elektabilitas Kang Emil, panggilan akrabnya, mencapai 36,6%.

Angka ini terpaut jauh dari nama-nama lain yang dirujuk warga Jawa Barat. Di posisi kedua, eks Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memperoleh elektabilitas 12,2%. Kendati demikian, masih ada 41% responden tidak menjawab survei atau menjawab tidak tahu.

 “Turut didorong oleh keberadaan pemilih loyal. Temuan survei memperlihatkan ada 48 persen publik Jabar yang pasti akan memilih Ridwan Kamil,” demikian laporan Litbang Kompas pada Rabu (17/7).

Kekuatan elektoral Ridwan Kamil ini juga karena minimnya resistensi publik Jawa Barat. Penolakan publik atas Ridwan Kamil sebesar 6,2%, paling kecil dari sosok lain.

Ia kian populer karena pernah menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat. Survei Litbang Kompas pada Juni 2024 lalu menunjukkan tingkat popularitas Kang Emil mencapai 92,8%.

 Elektabilitas nama calon gubernur lainnya masih di bawah 5%. Misalnya Mantan Wali Kota Bogor Bima Arya (1,6%), istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya (1,6%), dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu (1%).

HARGA BAHAN PANGAN JELANG NATAL DAN TAHUN BARU DI BALI
HARGA BAHAN PANGAN JELANG NATAL DAN TAHUN BARU DI BALI (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/tom.)

 

Di posisi terendah, ada tiga orang politisi berlatar dengan elektabilitas sama yakni 0,8%. Mereka ialah Desy Ratnasari, Deddy Mizwar, dan Alfiansyah atau Komeng.

 Survei ini diadakan lewat tatap muka pada 15–20 Juni 2024. Sebanyak 500 orang responden dipilih acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Jawa Barat. Tingkat kepercayaan survei 95% dan margin of error + 4,38%.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...