Yuliot Tanjung, Pejabat Karier BKPM Jadi Wamen Investasi

Safrezi Fitra
18 Juli 2024, 15:57
Kementerian Investasi/BKPM
BKPM
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga wakil menteri pada Kamis (18/7). Salah satunya Yuliot Tanjung yang akan dilantik menjadi Wakil Menteri Investasi. Dua posisi lain adalah Wakil Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Pertanian.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7) pukul 15.00 WIB. Pelantikan tiga pejabat tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta pembacaan sumpah.

Sosok Yuliot Tanjung adalah merupakan pejabat karier di Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dia adalah mantan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi. Saat ini Yuliot menjabat sebagai Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Utama di kementerian yang dipimpin oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ini.

Sebelumnya, Yuliot pernah menjabat pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal. Yuliot juga pernah menjadi Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal di lembaga yang sama.

Profil Yuliot Tanjung tercatat sudah lama bekerja di Kementerian Investasi/BKPM. Pada 2006, dia sudah saat itu sudah menjabat Direktur Promosi dalam Negeri pada Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal. Kemudian pada 2014, dia menjadi berpindah menjadi Direktur Deregulasi Penanaman modal Deputi Bidang Pengembagan Iklim Penanaman Modal hingga 2020.

Kariernya menanjak pada 2020 dengan menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembagan Iklim Penanaman Modal. Posisi ini diduduki sampai 2024. Kini Yuliot akan kembali naik naik jabatan menjadi Wakil Menteri Investasi.

Selain Yuliot, Jokowi juga melantik dua wakil menteri lainnya yakni Thomas Djiwandono sebagai Wamenkeu dan Sudaryono sebagai Wamentan. Dua wakil menteri lainnya ini merupakan politikus partai Gerindra dan dikenal dekat dengan sosok Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...