Baznas Kumpulkan Dana ZIS Rp33 Triliun Sepanjang 2023

Safrezi Fitra
20 Juli 2024, 11:41
Baznas Kumpulkan Dana ZIS Rp33 Triliun Sepanjang 2023
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Button AI Summarize

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengungkapkan realisasi dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) sepanjang tahun 2023 mencapai Rp33 triliun. Realisasi dana ZIS tahun lalu tercatat lebih besar dari target.

"Tahun lalu, secara nasional penghimpunan ZIS ditetapkan Rp31 triliun dan alhamdulillah tahun 2023 realisasi mencapai Rp33 triliun," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Menurut Noor, realisasi dana ZIS yang terkumpul tahun lalu mengalami peningkatan yang cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya. "Dari apa yang kami kumpulkan melalui pengelolaan zakat di Baznas mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Tiap tahun meningkat rata-rata 30 persen," ujarnya.

Dana ZIS yang dikumpulkan Baznas pada 2022 mencapai sekitar Rp21,3 triliun. Angka peningkatannya sangat tinggi, yakni 52 persen dibandingkan relaisasi dana ZIS yang dihimpun pada tahun 2021, sebesar Rp14 triliun.

Noor menekankan pengumpulan dana ZIS memiliki peran krusial dalam membantu pengentasan kemiskinan. Dana ZIS yang dikumpulkan Baznas telah disalurkan kepada banyak masyarakat penerima yang membutuhkan.

Sepanjang 2022, Baznas telah memberdayakan sebanyak lebih dari 460 ribu penerima zakat atau mustahik fakir miskin, dengan 200 ribu di antaranya yang tergolong ke dalam golongan miskin ekstrem.

"Zakat memiliki peran penting dalam Islam, memberikan manfaat bagi penerima zakat dalam berbagai aspek. Zakat juga merupakan instrumen pengentasan kemiskinan dan sebagai instrumen dalam menumbuhkan ekonomi dengan prinsip berkeadilan," ujarnya.

Tidak hanya membantu mengentaskan kemiskinan di dalam negeri, dana ZIS juga bisa berkontribusi di luar Indonesia, seperti Palestina. Hingga saat ini, ungkapnya, Baznas sudah mengumpulkan sebanyak Rp300 miliar dari seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu warga negara Palestina yang kesulitan.

Dia pun mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk membersihkan raga dan menyucikan hartanya dengan berzakat, berinfak, dan bersedekah, agar lebih banyak lagi kebaikan yang bisa disalurkan melalui Baznas.

"Tahun 2024, kita tetapkan Rp41 triliun perolehan ZIS secara nasional, dan insyaallah akan tercapai," ujar Noor Achmad.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...