PKS Klaim Sebagian Rakyat Jakarta Inginkan Anies, Kecewa Kinerja Heru Budi

Ade Rosman
22 Juli 2024, 18:58
PKS
ANTARA FOTO/Reno Esnir/Spt.
Bakal Calon Presiden Anies Baswedan (tengah) bersama Ketua Umum Millenial Untuk (MU) Perubahan Beni Pramula (kanan) dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (kiri) menjawab pertanyaan wartawan di kediaman Anies Baswedan, Jakarta, Senin (16/10/2023).
Button AI Summarize

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut sebagian masyarakat jakarta kecewa dengan kinerja Heru Budi Hartono sebagai Pejabat (Pj) Gubernur. Pernyataan itu sejalan dengan sikap bakal calon gubernur Jakarta yang didukung PKS Anies Baswedan menyebut akan mengembalikan Jakarta seperti awal kepemimpinannya saat menjadi Gubernur.

"PKS dipercaya oleh rakyat Jakarta sehingga menjadi pemenang di Jakarta. Dan rakyat Jakarta itu sebagiannya sangat kecewa dengan apa yang dilakukan oleh Penjabat Gubernur sekarang," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Wakil Ketua MPR itu mengatakan, sejumlah keluhan dilontarkan masyarakat. Salah satunya adalah keluhan dari komunitas pesepeda yang menyebut kehilangan sebagian fasilitasnya.

"Misalnya masyarakat yang kemarin sangat setuju dengan dihapuskannya PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) untuk tanah ataupun rumah yang bernilai di bawah 2 milyar rupiah kemudian diberlakukan lagi, tentu mereka sangat kecewa," kata dia.

Selain itu, ia juga menyebut keluhan disampaikan kelompok umat beragama yang disebut kecewa lantaran Biaya Operasional Tempat Ibadah dipotong. "Itu bukan hanya untuk masjid tapi untuk gereja, untuk semua. Dan ternyata kan pada zaman ini dipotong luar biasa," kata Hidayat. 

Persoalan lain yang ia sorot adalah kondisi masyarakat Kampung Bayam yang disebut Hidayat menaruh kekecewaan usai Anies tak lagi menjadi Gubernur. Ia menyebut mayoritas konstituen PKS menginginkan agar Jakarta kembali seperti saat Anies memimpin. 

PKS sebelumnya telah menyatakan dukungan untuk Anies maju di pilkada Jakarta. Meski begitu PKS menyorongkan Anies maju berpasangan dengan kader PKS Sohibul Iman.

Untuk bisa mengusung Anies PKS harus berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat pencalonan yaitu 22 kursi DPRD. Adapun PKS saat ini memiliki 18 kursi di DPRD Jakarta. Hingga kini belum ada kerja sama resmi antara PKS dengan partai lain untuk mengusung Anies. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...