PKB Sebut Wacana Dukung Kaesang di Pilgub Jateng Masih Terganjal Faktor Usia

Amelia Yesidora
23 Juli 2024, 14:57
PKB, kaesang, pilkada
Katadata
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.
Button AI Summarize

Partai Kebangkitan Bangsa membuka kemungkinan mengusung Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah. Meski demikian, PKB mengaku terkendala usia Kaesang yang belum mencapai batas usia pencalonan. 

“Tunggu dulu aturannya baru kami timbang-timbang. Kalau sekarang kan belum (sesuai syarat), jadi tidak ada tempatnya," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (22/7).

Tak hanya persiapan di Jateng, partai besutan Muhaimin Iskandar itu mempersiapkan diri untuk berlaga di sejumlah daerah. Salah satu yang disiapkan adalah calon untuk maju di Pilkada Jawa Timur. 

Meski demikian, PKB masih belum memutuskan siapa yang akan mereka usung untuk melawan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.  Padahal, PKB meraih suara terbanyak di daerah tersebut saat Pemilu lalu.

“Memang kami harus mencari figur yang lebih kuat dari yang ada,” ujar Jazilul.

Sebelumnya, PKB berencana mengusung KH Marzuki Mustamar di Pilgub Jatim. Namun, saat ini mereka masih perlu mengukur kekuatan lewat survei sebelum membuat keputusan.

Ajak Pendukung Anies Duduk Bareng

 

Dalam kesempatan yang sama, PKB juga mengapresiasi langkah Nasdem mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta. Kini, mereka menunggu waktu yang tepat agar tiga partai pendukung Anies yakni PKB, NasDem, dan PKS, duduk bersama membicarakan langkah ke depannya.

“Sekarang duduk bersama, melengkapi apa yang menjadi kelengkapan seorang calon,” kata Jazilul.

Menurut Jazilul, ada dua hal yang harus dibicarakan dalam pertemuan itu. Pertama, apakah partai pendukung sudah mencapai 20% dari kursi DPRD untuk mengusung seorang calon kepala daerah. Kedua, menentukan pasangan wakil gubernur dari Anies bersama dengan seluruh partai koalisi.

Ia menepis anggapan partainya tidak setuju dengan calon wakil gubernur yang disodorkan PKS yakni Sohibul Iman. Menurut Jazilul, wakil gubernur pendamping Anies haruslah yang diinginkan oleh warga Jakarta 

“Itu bukan masalah sreg atau tidak sreg. Tapi duduk bareng dulu siapa wakilnya yang diinginkan orang Jakarta," katanya.

Di kesempatan berbeda, Anies berharap ada partai lain yang memberikan dukungan kepada dirinya. "Nasdem sudah melakukan pembicaraan dengan partai lain, harapannya bisa kami perluas lagi," katanya di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (22/7).


Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...