Perkuat Kesadaran Keberlanjutan: LSPR Tekankan Peran Kunci Public Relations

Image title
24 Juli 2024, 21:52
LSPR Institute dan ASTRA Gelar The 1st Forum Sustainability & Public Relations Summit 2024 “The Role of Public Relations in Communicating Sustainable Practices
LSPR
LSPR Institute dan ASTRA Gelar The 1st Forum Sustainability & Public Relations Summit 2024 “The Role of Public Relations in Communicating Sustainable Practices
Button AI Summarize

Keterlibatan hubungan masyarakat (public relations) dalam mengampanyekan praktik-praktik berkelanjutan menjadi fokus utama dalam The 1st Forum Sustainability & Public Relations Summit 2024, yang digelar hari ini di Catur Dharma Hall, Menara Astra. Acara ini merupakan inisiatif kolaboratif antara LSPR Institute of Communication & Business (LSPR Institute) dan PT Astra Internasional Tbk, dengan tema utama "The Role of Public Relations in Communicating Sustainable Practices".

Founder & CEO LSPR Institute of Communication & Business, Prita Kemal Gani menyampaikan, di era globalisasi dan kesadaran lingkungan yang semakin meningkat, peran hubungan masyarakat (public relations) dalam mengkomunikasikan praktik-praktik berkelanjutan menjadi semakin vital untuk setiap perusahaan dan institusi. Peran ini mencakup tidak hanya penyampaian informasi, tetapi juga membangun kesadaran, memotivasi tindakan, dan membentuk opini publik yang positif mengenai pentingnya keberlanjutan.

Menurut dia, praktik-praktik berkelanjutan juga bukan hanya tentang keberlanjutan lingkungan, tetapi juga mencakup aspek sosial dan ekonomi yang harus dikelola dengan baik untuk mencapai keseimbangan yang harmonis.

“Pertemuan yang melibatkan berbagai elemen seperti profesional komunikasi dan praktisi berkelanjutan ini mengkaji pentingnya peran Public Relations (PR) dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam komunikasi perusahaan dan organisasi. Saat ini peluang dan tantangan sebagai bentuk implementasi upaya keberlanjutan di Indonesia lebih besar, mulai dari pemanfaatan limbah makanan menjadi bioenergi serta jaringan mikro jarak jauh untuk akses energi,” kata dia, Rabu (24/7/24).

Kemudian, Taufan Teguh Akbari, Ketua Acara The 1st LSPR Sustainability & PR Summit, menyampaikan tujuan dan harapan setelah terselenggaranya acara summit ini. “Kepemimpinan sejati dalam keberlanjutan dimulai dari pendidikan dan meluas ke seluruh aspek kehidupan kita. Melalui kegiatan ini, kami mewakili dunia akademisi berkomitmen untuk menciptakan platform yang tidak hanya membahas isu-isu mendesak saat ini tetapi juga merintis jalan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan,” ujar dia.

Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto menambahkan, keberlanjutan telah menjadi fokus Astra melalui kontribusi sosial kami selama bertahun-tahun. Melalui kolaborasi pada kegiatan The 1st LSPR Sustainability & Public Relations Summit 2024 pihaknya berharap dapat mencapai tujuan keberlanjutan kami dalam bertransisi menjadi bisnis yang lebih berkelanjutan yang berkontribusi pada kekuatan dan ketahanan ekonomi Indonesia serta mendukung masyarakat yang inklusif dan makmur.

Pada acara ini, LSPR memperkenalkan LSPR Sustainability Manifesto 2030: "Sustainable Education for a Sustainable World", yang menjadi komitmen LSPR dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDG) melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Astra Internasional juga menjadi salah satu momen penting dalam summit, menegaskan komitmen bersama dalam mewujudkan pendidikan dan praktek bisnis yang berkelanjutan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...