Gianni Infantino Bertemu Prabowo di Paris, Bahas Kerja Sama PSSI dan FIFA

Ferrika Lukmana Sari
28 Juli 2024, 14:15
Prabowo dan Fifa
FIFA
Presiden FIFA Gianni Infantino, bertemu dengan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto di Paris pada Sabtu (27/7) waktu setempat. Mereka membahas kerja sama FIFA dengan PSSI ke depan.
Button AI Summarize

Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto di Paris, Prancis pada Sabtu (27/7) waktu setempat. Mereka membahas kerja sama FIFA dengan PSSI ke depan.

Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Menpora Dito Ariotedjo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Infantino mengaku terhormat bertemu dengan Prabowo dan mengucapkan selamat atas kemenangannya sebagai presiden Indonesia. 

"Kami juga membahas hubungan kerja sama yang hebat antara FIFA dengan Indonesia dan PSSI serta kemajuan yang telah dicapai Indonesia pada akhir-akhir ini. Kami juga juga membahas soal popularitas sepak bola di kalangan anak-anak mudah," kata Infantino dalam pernyataan resmi.

Infantino menyebut, Indonesia sebagai tuan rumah yang luar biasa untuk Piala Dunia U-17 FIFA pada tahun lalu. "Semua orang yang berkunjung, termasuk saya, merasa terkesima dengan kehangatan dan keramahtamahannya. Jelas bahwa orang-orang Indonesia hidup dan bernapas dalam sepak bola," kata dia.

Infantino berharap kerja sama FIFA dengan Indonesia dan PSSI bisa terus berjalan dengan baik ke depannya. Apalagi, Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang sepak bola.

"Pak Prabowo bisa mengandalkan bantuan FIFA untuk mendorong potensi sepak bola di Indonesia. Saya berharap dapat bekerja sama dengannya di masa mendatang," kata dia.

Prabowo dan FIFA
Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Menteri Presiden terpilih Prabowo Subianto di Paris pada Sabtu (27/7).

Piala Dunia U-17 dan IKN

Diketahui, pada pembukaan Piala Dunia U-17 FIFA 2023, Infantino dan Erick Thohir turut meresmikan kantor regional FIFA yang baru di Jakarta dan menandatangani nota kesepahaman di antara keduanya.

Dalam perjanjian ini, faktor keselamatan dan keamanan stadion ditetapkan sebagai pilar utama transformasi sepak bola Indonesia. FIFA dan PSSI bekerja sama untuk meningkatkan standar di seluruh negeri.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, tim khusus FIFA mengunjungi delapan stadion antara 20-25 Mei 2024, di empat provinsi. Program FIFA Forward juga mendanai pembangunan pusat pelatihan nasional pertama PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rencananya, program ini akan diresmikan pada bulan Agustus 2024, yang meliputi pembangunan lapangan rumput alami, lapangan rumput sintetis, asrama, dan ruang ganti.

Reporter: Ferrika Lukmana Sari

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...