Carolina Marin Cedera, Gregoria Mariska dapat Medali Perunggu Olimpiade 2024

Ameidyo Daud Nasution
4 Agustus 2024, 18:04
olimpiade, bulu tangkis, gregoria mariska
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/tom.
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung berusaha mengembalikan kok ke pebulu tangkis Korea Selatan An Se-young pada semi final bulu tangkis putri Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapella Arena, Paris, Prancis, Minggu (4/8/2024).
Button AI Summarize

Indonesia akhirnya meraih medali di Olimpiade Paris 2024. Hal ini setelah Gregoria Mariska Tunjung dipastikan mendapatkan medali perunggu dalam cabang bulu tangkis tunggal putri.

Gregoria mendapatkan medali perunggu setelah Carolina Marin tak dapat melanjutkan pertandingan semifinal pada Minggu (4/8) karena cedera. Hal ini membuat He Bingjiao langsung menuju final untuk melawan An Se-young.

Gregoria sedianya menjalani partai terakhirnya pada Senin (5/8) untuk merebutkan medali perunggu. Dengan cederanya Marin dan lolosnya He, maka pebulutangkis yang akrab disapa Jorji itu tak memiliki lawan pada besok.

Dalam pertandingan semifinal hari ini, Gregoria harus mengakui keunggulan An Se-young asal Korea Selatan. Sempat unggul 21-11 pada set pertama, ia takluk 13-21 dan 16-21 dalam dua set berikutnya.

Ia juga mengakui keunggulan An dalam mengubah cara bermain pada set kedua.  Gregoria mengakui terlalu lama membaca permainan An pada gim kedua sehingga tekanan berbalik kepadanya.

"Terlalu lama untuk adjust (penyesuaian), dia (An) sangat nyaman dengan pola yang dia inginkan, jadi terbalik," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (4/8) dikutip dari Antara.

Olimpiade Paris 2024 : Gregoria kalah lawan An Se-young
Olimpiade Paris 2024 : Gregoria kalah lawan An Se-young (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/tom.)

Ini berarti cabang olahraga bulu tangkis Indonesia absen emas untuk pertama kalinya sejak Olimpiade London 2012. Pada 12 tahun lalu, Indonesia bahkan gagal menyumbangkan satupun medali dari badminton.

Pada Olimpiade tahun ini, hanya Gregoria dan pasangan ganda putra Fajar Alfian-M Rian Ardianto yang lolos ke fase gugur. Sedangkan nama-nama unggulan seperti Jonatan Christie hingga Anthony Sinisuka Ginting kandas di fase grup.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...