Peran Yenny Wahid hingga Rocky Gerung di Panjat Tebing, Berujung Emas Olimpiade

Ameidyo Daud Nasution
9 Agustus 2024, 16:41
yenny wahid, rocky gerung, panjat tebing, olimpiade
Instagram/FPTI
Ketua FPTI Yenny Wahid bersama Veddriq Leonardo (paling kiri) dan Rocky Gerung (paling kanan). Foto: Instagram/FPTI
Button AI Summarize

Indonesia akhirnya mendapatkan medali emas di Olimpiade 2024 Paris dari cabang olahraga panjat tebing. Bersamaan dengan itu, nama Zannuba A.C. Wahid alias Yenny Wahid hingga Rocky Gerung menjadi perhatian sejumlah tokoh hingga warganet.

Ini karena keduanya merupakan pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Yenny merupakan Ketua Umum FPTI, sedangkan Rocky adalah Wakil Ketua Bidang Panjat Tebing Alam dan Rekreasi federasi tersebut.

Yenny Wahid sempat mendapatkan banyak ucapan selamat usai Veddriq Leonardo mendapatkan medali emas Olimpiade Paris pada Kamis (8/8). Sedangkan nama Rocky menggema di media sosial X terkait emas panjat tebing.

"Kemeriahannya luar biasa, banyak sekali pendukung dari Indonesia tidak kuasa menahan air mata karena terharu, apalagi saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan," kata Yenny di Paris, Kamis (8/8) dikutip dari Antara.

Yenny serta Rocky memang mendampingi langsung Vedriq dan rekan-rekannya bertanding di Le Bourget Climbing Venue, Paris. Pendampingan dilakukan untuk menjaga peluang meraih medali.

"Kami sering melakukan sesi afirmasi positif agar mereka merasa layak menjadi juara," kata Yenny.

 Putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid itu saat ini menjabat sebagai Ketum FPTI untuk periode kedua hingga 2007. Yenny sebelumnya memegang jabatan tersebut pada 2019-2023.

Sejak awal terpilih kembali, Yenny memang menargetkan pencarian bibit unggulan panjat tebing Indonesia. Caranya dengan mencanangkan pembangunan 100 dinding alias wall sebagai fasilitasi hobi memanjat. 

"Kalau sudah difasilitasi akan lebih mudah untuk memanjat dan terasah kemampuannya," ujar Yenny pada 25 Februari 2020 lalu.

Sedangkan Rocky bergabung pada kepengurusan Yenny yang kedua pada Desember 2023. Pada struktur kepengurusan 2023-2027, ada pula nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang menjabat sebagai Pelindung PP FPTI.

Rocky juga kerap menemani para atlet untuk bertanding. Sebelum di olimpiade ini, ia pernah mendampingi langsung para atlet bertanding di kualifikasi Olimpiade 2024 di Shanghai, Cina pada Mei 2024 lalu.

Usai Veddriq juara, Rocky mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, termasuk Presiden Joko Widodo serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

"Ini prestasi yang membahagiakan Indonesia," kata Rocky dalam akun Instagram FPTI.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...