Surya Paloh Kembali Pimpin Partai Nasdem hingga 2029

Ameidyo Daud Nasution
27 Agustus 2024, 18:51
surya paloh, nasdem, ketua umum
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh berpidato saat pembukaan Kongres ke-III Partai Nasdem di Jakarta, Minggu (25/8/2024).
Button AI Summarize

Majelis Tinggi Partai Nasdem menetapkan lagi Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem untuk periode 2024-2029. Hal ini disepakati oleh rapat pleno anggota Majelis Tinggi Partai pada Selasa (27/8).

"Keputusan ini mulai berlaku dan mengikat sejak ditetapkan," kata Sekretaris Majelis Tinggi Partai Nasdem IGK Manila saat membacakan keputusan Majelis Tinggi di Jakarta, Selasa (27/8) dikutip dari Antara.

Surya lalu diminta berpidato sebagai Ketua Umum terpilih pada Kongres III Partai Nasdem. Surya mengatakan banyak yang menduga dirinya akan terpilih lagi menjadi Ketua Umum.

Surya juga mengatakan dirinya tak akan selamanya memimpin Partai Nasdem. Namun, ia berjanji selama lima tahun ke depan akan mengantarkan partai tersebut lebih besar lagi.

"Nasdem harus menjadi institusi partai politik yang membangun kembali semangat dan nilai kepeloporannya," katanya.

Setelah itu, Surya mengajak kader Nasdem membawa partai menuju cita-cita dan menjunjung kejujuran. Ia lalu memberikan pesan kepada para anggota partai tersebut.

"Cita-cita yang mulia tidak boleh kalah dengan kelompok pragmatis," katanya.

Kongres Partai Nasdem tahun ini dibuka Presiden Joko Widodo. Saat membuka Kongres, Jokowi sempat menyinggung nostalgia dirinya dengan Surya Paloh dan Nasdem.

Hubungan Nasdem dengan Jokowi sempat surut meski awalnya mesra saat awal pemerintahan tahun 2014 silam.  "Rasanya masih sama. Sama seperti dulu awal mula kami bertemu," kata Jokowi saat membuka Kongres Nasdem di Jakarta, Minggu (25/8).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...