Maju di Pilgub Jatim, Risma Akan Mengundurkan Diri Sebagai Mensos

Ameidyo Daud Nasution
29 Agustus 2024, 18:09
risma, mensos, jawa timur
ANTARA FOTO/Cahya Sari/Ak/nym.
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan terkait anggaran Perlindungan Sosial (Perlinsos) di Gedung Kemensos, Jakarta, Senin (4/12/2023).
Button AI Summarize

Menteri Sosial Tri Rismaharini akan mendaftar sebagai calon Gubernur Jawa Timur. Risma juga akan mengundurkan diri dari posisinya di kabinet karena maju dalam Pilgub.

Rencananya, Risma akan menemui Presiden Joko Widodo pada Jumat (29/8) untuk meminta izin untuk mengundurkan diri. Alasannya, ia ingin fokus dalam pencalonan di Pilkada Jawa Timur.

"Di aturan (memang) tidak diatur (pengunduran diri). Tapi saya akan mengundurkan diri." kata Risma di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (29/8) dikutip dari Antara.

Risma akan maju sebagai bakal calon Gubernur Jatim. Mantan Wali Kota Surabaya itu akan didampingi oleh Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans.

Pasangan ini diusung oleh tiga partai politik yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, dan Partai Ummat. Risma dan Gus Hans akan mendaftar ke KPU Jawa Timur pada Kamis (29/8) pukul 18.00 WIB.

Ada tiga perempuan yang berlaga dalam Pilgub Jawa Timur tahun ini. Selain Risma, dua nama lainnya adalah Gubernur Jatim 2018-2023 Khofifah Indar Parawansa serta politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Luluk Nur Hamidah.

Khofifah yang berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak telah mendaftar ke KPU Jawa Timur. Keduanya mendapat dukungan 15 partai politik. Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung kedua pasangan ini.

Sedangkan Luluk Nur Hamidah yang berpasangan dengan Lukmanul Hakim diusung oleh PKB. Pasangan ini juga mendaftar pada Kamis (29/8).

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...