PKB Usung Acep Adang Ruhiyat-Gita KDI di Pilgub Jawa Barat

Ade Rosman
29 Agustus 2024, 20:15
pilgub, pilgub jabar, PKB
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/Spt.
Dua pasang maskot pemilihan gubernur Jawa Barat 2024 Sili dan Wangi memberikan sosialiasi saat Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2024 di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/5/2024). Acara yang digelar KPU Jawa Barat sebagai rangkaian sosialisasi proses penentuan pemimpin Jawa Barat dengan tema yakni “Pilgub Jabar 2024 sebagai Inisiasi Budaya Demokrasi-Gembira Memilih Langsung” pada pemilihan kepala daerah serentak 27 November mendatang.
Button AI Summarize

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung dua kader internal, yakni Acep Adang Ruhiyat dan Gitalis Dwi Natarina alias Gita KDI  untuk maju dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jawa Barat 2024.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengonfirmasi kabar tersebut. "PKB usung KH Acep Adang Ruhiyat-Gita KDI sebagai paslon cagub-cawagub Jabar," kata Jazilul dalam keterangannya, Kamis (29/8).

Jazilul mengatakan, Jawa barat memerlukan pemimpin yang religius, jujur, serta merakyat. Pasangan ini rencananya akan diantar oleh pengurus DPW PKB Nawa Barat ke KPUD Jawa Barat untuk mendaftar pada malam ini.

Gita sebelumnya dikenal sebagai penyanyi dangdut pentolan ajang pencarian bakat Kontes Dangdut Indonesia atau KDI.

Selain Acep-Gita, pasangan lain yang telah mendaftar ke KPUD Jawa Barat yakni Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan dan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, serta Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie.

Anies Baswedan sebelumnya juga dikabarkan akan diusung oleh PDIP bersama Ono Surono di Pilgub Jabar. Kabar tersebut diungkapkan Bendahara DPC PDIP Kota Bandung, Folmer Silalahi.

Folmer menyebut, kemungkinan duet itu didaftarkan mencapai 95%. "Hampir dipastikan bahwa malam hari ini DPD PDI Perjuangan Jabar akan mendaftarkan secara resmi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yaitu Anies Baswedan dan Kang Ono Surono," kata Folmer saat dihubungi awak media, Kamis (29/8).

Ia menyebut, kepastian diusungnya mantan gubernur Jakarta itu hanya tinggal menunggu pendaftaran di KPUD Jawa Barat. Pendaftaran diagendakan akan ditutup tengah malam ini.

Folmer mengatakan, pernyataannya itu sebagai tindak lanjut ucapan Ono selaku Ketua DPD PDI-P Jawa Barat yang mengatakan ada kejutan sosok di Pilgub Jabar.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...