Shin Tae-yong Ungkap Kondisi Pemain Timnas Jelang Tanding Lawan Australia

Desy Setyowati
8 September 2024, 20:44
timnas indonesia vs australia, shin tae-yong,
ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/nym.
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengamati jalannya pertandingan saat melawan Timnas U-23 Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024).
Button AI Summarize

Pelatih tim nasional atau timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, pemain dalam kondisi baik menjelang pertandingan melawan Australia pada Selasa, 10 September.

Tidak ada pemain yang mengalami cedera setelah bertanding melawan timnas Arab Saudi 1-1 pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jumat (6/9) dini hari WIB.

“Secara keseluruhan, timnas dalam kondisi baik. Tetapi bohong jika tidak lelah,” ujar Shin Tae-yong di sela latihan timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (8/9).

Salah satu pemain yang kondisinya disorot oleh Shin Tae-young yakni kiper Maarten Paes yang tampil gemilang ketika melawan Arab Saudi dengan penyelamatan penalti. Shin Tae-young mengatakan, Paes keletihan lantaran harus beraktivitas di tiga negara dengan zona waktu berbeda secara beruntun.

"Paes datang dari Amerika Serikat ke Arab Saudi. Kemudian langsung berangkat ke Indonesia setelah bertanding," kata Shin Tae-yong.

Oleh karena itu, juru taktik asal Korea Selatan tersebut tidak memberikan menu latihan yang berat, terutama bagi anak-anak asuhnya yang tampil melawan Arab Saudi. Sebab, menurunnya kondisi fisik dapat berpengaruh kepada konsentrasi dan itu sangat mempengaruhi jalannya laga.

"Kami melawan Australia di kandang. Jadi kami akan berupaya semaksimal mungkin mampu mendapatkan poin," ujar dia.

Dari 26 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September, ada nama yang belum bergabung, salah satunya bek Justin Hubner.

Saat Indonesia bersua Arab Saudi, Justin belum dapat bermain karena masih menjalani sanksi larangan bermain satu laga akibat akumulasi kartu kuning pada putaran kedua. "Tergantung kondisi nanti. Mungkin akan ada perbedaan ketika Justin bermain atau tidak," kata Shin Tae-yong.

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat klasemen sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di bawah peringkat satu Jepang (enam poin), kedua Bahrain (enam poin) dan ketiga Arab Saudi (satu poin). Di posisi kelima dan keenam ada Australia dan China dengan nol poin.

Arab Saudi berada di atas Indonesia karena pada pertandingan kedua tim, Arab Saudi hanya mendapatkan dua kartu kuning, sementara Indonesia tiga kartu kuning.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...