Budi Arie Bela Erina Naik Jet Pribadi: Hamil 8 Bulan, Tak Bisa Naik Pesawat Umum

Ade Rosman
11 September 2024, 10:09
Jet Pribadi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menjawab pertanyaan wartawan usai Deklarasi Pemberantasan Judi Online di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Rabu (28/8/2024).
Button AI Summarize

Menteri Komunikasi dan Informatika yang juga merupakan Ketua Umum relawan Pro-Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menyebut menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Erina Gudono tengah hamil. Hal itu menjadi alasan Erina memilih naik jet pribadi dan bukan pesawat komersil untuk perjalanan ke Amerika Serikat. 

Hal itu diucapkan Budi menanggapi polemik dugaan gratifikasi yang diterima putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, berupa fasilitas jet pribadi yang digunakannya dengan Erina. "Pokoknya udahlah. Satu, istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah 8 bulan. Kan gak boleh naik angkutan umum, pesawat umum mana boleh?" Kata Budi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Budi juga menyebut fasilitas yang diterima oleh Kaesang itu tak bisa diklasifikasikan sebagai gratifikasi. Alasannya, kata Budi, Kaesang bukanlah pejabat publik. Budi juga mengatakan, jet itu dimiliki oleh kawan Kaesang.

"Lho gak bisa (dugaan gratifikasi), itu temannya kok. Sama kayak saya pinjemin kamu," kata dia.

Kaesang dan Erina belakangan disorot lantaran tengah terseret dugaan gratifikasi fasilitas jet pribadi Gulfstream G650ER milik perusahaan game online Garena. Perusahaan ini berada di bawah naungan Sea Limited, perusahaan asal Singapura yang juga merupakan induk Shopee. 

Klarifikasi Gibran

Penggunaan jet pribadi ini terendus usai Erina membagikan konten di Instagram Story saat bepergian ke Amerika Serikat Bersama Kaesang yang saat itu tengah menemaninya melanjutkan pendidikan S2 di University of Pennsylvania di Negeri Paman Sam. Adapun Shopee merupakan perusahaan yang sering melakukan kerja sama dengan kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka saat masih menjabat Wali Kota Surakarta. 

Sementara itu Gibran membantah ada hubungan tertentu dengan Shopee. Ia memastikan kepergian Kaesang menggunakan jet pribadi tak ada kaitannya dengan kebijakan yang ia buat saat jadi Wali Kota.  

“Nggak ada kayak gitu, ngawur," kata Gibran saat berada di Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/9).

Gibran mengatakan tidak ada perjanjian soal kepemilikan jet. Menurut Gibran, perjanjian yang melibatkan Shopee merupakan perjanjian profesional yang juga melibatkan Pemerintah Kota Surakarta dan Solo Technopark (STP).

"MOU-nya (nota kesepakatan) profesional antara Pemkot Surakarta, Technopark, dan Shopee. Nggak ada yang kayak gitu, kami profesional ya," kata Gibran. 

Sementara itu, saat ini Shopee memiliki kantor di STP berupa Shopee Creative & Innovation Hub. Kantor ini memfasilitasi generasi muda di Jawa Tengah untuk berjejaring dan bertukar pikiran demi menciptakan inovasi yang akan mendorong pemulihan ekonomi. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...