PKB Sudah Setor Nama Calon Menteri ke Prabowo Jelang Pembentukan Kabinet Baru

Ade Rosman
13 September 2024, 16:48
pkb, prabowo, kabinet
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.
Ketua Organizing Committee (OC) Muktamar ke-6 PKB Cucun Ahmad Syamsurijal menyampaikan keterangan saat konferensi pers persiapan Muktamar ke-6 2024 PKB di Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (11/8/2024).
Button AI Summarize

Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB telah menyetorkan nama calon menteri dalam pemerintahan yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mendatang.

Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan Prabowo telah menjalin Komunikasi dengan PKB. Partai tersebut telah mengirimkan sejumlah nama kader yang dinilai potensial. 

"Ya PKB yang diminta seperti itu, kami kirim nama-nama," kata Cucun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9).  Kendati demikian, Cucun enggan menyebut siapa calon yang disetorkan PKB.

 Cucun juga menanggapi ucapan Ketua MPR yang juga merupakan Wakil Ketua Partai Golkar Bambang Soesatyo yang mengatakan akan terdapat 44 Kementerian di pemerintahan Prabowo mendatang.

Saat ini, jumlah menteri itu akan diatur dalam RUU Kementerian Negara yang saat ini tengah dibahas dan segera dibawa ke Rapat Paripurna DPR.

"Nanti kami tunggu Pak Prabowo seperti apa kalau mungkin itu bocoran dari Pak Bamsoet,” kata dia.

Prabowo Subianto saat ini tengah merampungkan penyusunan kabinet di pemerintahan periode 2024-2029. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo juga berbincang dengan Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Diskusi mengerucut untuk menentukan siapa saja yang akan ditunjuk menjadi menteri kabinet Prabowo-Gibran. "Tapi seberapa jauh intensitas dan hasil dari pembicaraan tersebut saya tidak ikut," ujar Muzani pada 31 Agustus 2024 lalu.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...