Viral Kabar Kaesang dan Erina Naik Jet Pribadi pada Juli Lalu

Muhamad Fajar Riyandanu
20 September 2024, 16:04
kaesang, gang ye, indigo darwin
ANTARA FOTO/Fauzan/Spt.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kanan) bersama anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka (kiri) mengembalikan kok di tengah kegiatan pemberian rekomendasi kepada calon kepala daerah (Cakada) 2024 di Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (2/8/2024).
Button AI Summarize

Beredar kabar viral Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono untuk rute Jakarta-Surakarta-Jakarta pada 7-8 Juli 2024 lalu. Sebelumnya Kaesang juga telah mengakui dan memberikan keterangan kepada KPK mengenai penggunaan jet pribadi pada Agustus lalu. 

Informasi terbaru mengenai penggunaan jet pribadi itu pertama kali diunggah Manajer Riset Trend Asia, Zakki Amali dalam utas di akun media sosial X @ZakkiAmali menyisipkan sebuah gambar yang menampilkan daftar penumpang pesawat tersebut. Dia mengutip berita yang ditulis Yosef Ardi. 

Terdapat sejumlah nama yang disebutkan dalam perjalanan tersebut.  “Beredar kabar di media manifest jet teman Kaesang bocor untuk rute Jakarta-Surakarta-Jakarta (HLP-SOC-HLP) tanggal 7-8 Juli 2024. Nama-nama penumpangnya wow,” tulis Zakki Amali pada Kamis (19/9).

Hingga Jumat, (20/9) pukul 15.08 WIB, utas tersebut sudah mendapat atensi 3.466 unggah ulang dan 9.406 disukai.  

Saat menghadap KPK, Kaesang menjelaskan dia menggunakan jet pribadi temannya yang berinisial Y. Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Pahala Nainggolan yang membocorkan kepada wartawan mengenai inisial Y.

“Inisial Y kalau enggak salah depannya, tapi kita enggak tahu benar enggak nama lengkapnya, WNI atau WNA, pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi,” kata Pahala Nainggolan, di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta, Selasa (17/9).

Inisial Y itu disebut-sebut terkait dengan Gang Ye merupakan salah satu petinggi di Sea Limited, perusahaan teknologi yang membawahi pengembang gim Garena dan platform e-commerce Shopee. Shopee sendiri berhasil mencaplok pasar e-commerce di ASEAN dengan hadir di Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi pada kesempatan terpisah pernah membeberkan pembelaan kepada Kaesang ihwal dugaan gratifikasi jet pribadi. Hasan menyampaikan bahwa Kaesang bukanlah pejabat publik maupun pejabat negara.

Menurutnya, penggunaan private jet oleh Kaesang tidak seharusnya dianggap kontroversial atau dikaitkan dengan posisinya sebagai anak presiden. Hasan mengatakan, pilihan gaya hidup Kaesang harus dilihat dalam konteks sebagai individu pribadi, bukan sebagai bagian pejabat publik meski berstatus sebagai anak presiden.

"Mas Kaesang ini bukan pejabat publik dan dia sudah dewasa, dia sudah punya hidup sendiri, sudah punya bisnis sendiri dan dia bukan pejabat publik,” kata Hasan Nasbi dalam cuplikan video yang diunggah di akun Instagramnya pada Rabu (18/9).

 Hasan juga membandingkan situasi ini dengan beberapa pejabat publik lain yang menggunakan fasilitas jet pribadi. Ia menyebutkan Presiden Indonesia ke- 5 Megawati Soekarnoputri sekaligus Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) jarang terlihat menggunakan pesawat komersial saat mengunjungi suatu daerah tertentu.

 “Dalam tema yang sama kira-kira banyak pejabat publik yang juga menggunakan private jet, saya enggak tahu kapan terakhir misalnya kapan terakhir misalnya Ibu Megawati menggunakan pesawat komersil," ujar Hasan.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...