PAN Tunjuk Eko Patrio Jadi Sekjen, Siapa Menjabat Bendahara Umum?

Ira Guslina Sufa
30 September 2024, 16:32
PAN
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/foc.
Ketua Umum PAN (Partai Amanat Nasional) Zulkifli Hasan (tengah) menerima dokumen dari Ketua DPW Partai Amanat Nasional DKI Jakarta Eko Patrio (kanan) saat Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ke 4 di Jakarta, Sabtu (29/6/2024).
Button AI Summarize

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) menunjuk Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio menduduki jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN. Jabatan ini sebelumnya dijabat oleh Eddy Soeparno.  

Pengangkatan Eko dikonfirmasi oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Selain itu Menteri Perdagangan yang biasa disapa Zulhas itu juga membenarkan telah menunjuk Pangeran Khairul Saleh sebagai bendahara umum partai. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan dalam waktu dekat susunan kepengurusan DPP PAN periode 2024-2029 akan diumumkan secara resmi. Menurut dia, susunan kepengurusan tersebut berdasarkan hasil Kongres Ke-6 PAN.

 Viva pun menilai bahwa penunjukan Eko Patrio sebagai Sekjen PAN adalah pilihan yang rasional dan objektif. Ia menyebut, Eko merupakan tokoh PAN yang sudah berpengalaman sebagai Anggota DPR RI selama tiga periode, sejak 2009. Pada pemilu 2024 Eko kembali terpilih untuk menjadi anggota DPR periode 2024-2029. 

"Interaksi, komunikasi, dan jaringan politiknya semakin bagus dan tidak diragukan lagi," kata Viva seperti dikutip Senin (30/9). 

Sementara itu, Eddy Soeparno yang sebelumnya menjadi Sekjen mengatakan penunjukan Eko adalah pergantian yang sifatnya regeneratif. Menurutnya Eko akan menggantikan posisinya yang telah dijabat selama 10 tahun terakhir.

Di sisi lain, Eddy mengatakan setelah tak lagi menjabat Sekjen, ia selanjutnya akan mengisi salah satu posisi wakil ketua umum yang ada di PAN. Menurut Eddy tugas-tugas yang akan ia emban akan diumumkan secara resmi oleh partai. 

"Saya rasa semangat yang dibawa Mas Eko juga ada semangat kemudaan, semangat perjuangan PAN yang sudah Mas Eko pahami," kata Eddy saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Reporter: Ade Rosman, Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...