PDIP Sebut Budi Gunawan hingga Olly Berpotensi Masuk Kabinet, Tunggu Restu Mega

Ade Rosman
3 Oktober 2024, 15:46
pdip, budi gunawan, prabowo, olly dondokambey
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom.
Ketua Badan Anggaran (Banggar)ÊSaid Abdullah menyampaikan laporan pembahasan RUU APBN 2025 dalam Rapat Paripurna ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2024).
Button AI Summarize

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan mengajukan sejumlah nama sebagai menteri di Kabinet pimpinan Prabowo Subianto.  Ketua DPP PDIP Said Abdullah juga tak membantah tiga nama yang kabarnya diajukan partai banteng.

Ketiga nama tersebut adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Azwar Anas, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Meski demikian, Said mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan menentukan kepastian masuknya tiga nama tersebut ke kabinet.

"Tiga nama itu, baik Pak Budi Gunawan, baik Pak Azwar Anas, baik Bapak Olly Dondokambey menunggu keputusan dari DPP dan Ibu Ketua Umum," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

PERESMIAN ASRAMA MAHASISWA NUSANTARA
PERESMIAN ASRAMA MAHASISWA NUSANTARA (ANTARA FOTO/Zainal Arifin/ma/nym.)

Said juga menyebut belum ada pembahasan di internal PDIP terkait rumor ketiga kader partainya itu. Yang pasti, kata Said, seluruh kader PDIP patuh pada intruksi Megawati.

"Kami semua tegak lurus menunggu apapun titah yang disampaikan oleh Ibu Ketua Umum," katanya.

Selain itu, Said juga turut berbicara mengenai wacana pertemuan Megawati dengan Prabowo. Ia memprediksi pertemuan antara keduanya akan segera terjadi. "Menurut saya kalau pelantikan 20 (Oktober), maka jauh sebelum tanggal 20 pertemuan itu akan terjadi," kata dia. 

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Puan Maharani tak menutup kemungkinan kader partai banteng bergabung di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

"Apakah akan menempatkan salah satu kader atau tidak, kita tunggu saja," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9).


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...