Gerindra Bocorkan Pengisi Kabinet Prabowo: Ada Menteri Jokowi dan Kader PDIP

Ade Rosman
9 Oktober 2024, 18:14
Gerindra
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani, di depan gedung Fanta Headquarters Prabowo-Gibran, Menteng, Jakarta, Kamis (14/12/2023).
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membocorkan susunan kabinet yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu mengungkapkan terdapat menteri yang saat ini menjabat akan kembali ditunjuk menjadi menteri nantinya.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan terdapat kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang akan menduduki kursi menteri. "Insyaallah ada," kata Muzani di Kompleks Parlemen Senayan seperti dikutip Rabu (9/10). 

Muzani mengatakan, Prabowo pernah menyampaikan akan menunjuk kembali menteri dengan kinerja bagus. Karena itu nama-nama menteri yang dinilai memiliki performa moncer pada pemerintahan Joko Widodo - Ma’ruf Amin akan ditugaskan kembali menjadi menteri. 

“Jadi, ya nama yang dianggap bagus dan masih cukup fit dipakai," kata Muzani. 

Ketika ditanya apakah wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dilibatkan dalam pembentukan kabinet, Muzani tak menjawab dengan jelas. Muzani hanya menjelaskan bahwa pembahasan menteri termasuk yang menjadi bahan dalam pertemuan antara Prabowo dan Gibran. 

Saat ini Prabowo dan Gibran tengah menyiapkan nama-nama yang akan duduk di kabinet pada pemerintahan periode 2024-2029. Beberapa nama lama yang disebut akan dipertahankan adalah Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono. Adapun kader PDIP yang disebut-sebut akan tetap dipakai adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Nama lain yang disebut akan dipertahankan adalah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Meski begitu pos yang akan diisi oleh para menteri bisa jadi mengalami perubahan. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...