Muhaimin Iskandar Masuk Bursa Calon Menteri, Dulu Lawan Prabowo Saat Pilpres

Ade Rosman
14 Oktober 2024, 16:45
Muhaimin
Fauza Syahputra|Katadata
Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kiri) bersama dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (kanan)
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menjadi salah satu tokoh yang datang ke rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10). Kedatangan Muhaimin bersamaan dengan sejumlah tokoh yang juga hadir menemui Prabowo sore ini. 

Saat tiba di rumah Prabowo, Muhaimin terlihat melempar senyum. Ia datang mengenakan batik bernuansa coklat lengan panjang dan kopiah hitam. Muhaimin tiba menyusul sejumlah tokoh dan menteri di kabinet pemerintahan Joko Widodo yang sudah lebih dulu datang. 

Kedatangan Muhaimin ke kediaman Prabowo menjadi perhatian lantaran ia berada pada kubu berbeda saat pemilihan presiden (Pilpres) 2024 digelar. Muhaimin merupakan calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan yang merupakan lawan Prabowo bersama Gibran Rakabuming Raka. 

Usai pertemuan, Muhaimin menjelaskan ia datang lantaran diudang langsung oleh Prabowo. Dalam pertemuan kedua pimpinan partai itu membahas kembali ajakan Prabowo agar PKB masuk dalam pemerintahan. "Dengan hari ini diundang berarti pkb akan memperkuat tim pak prabiwo di dalam pemerintahan yang akan datang," ujar Muhaimin. 

Meski begitu Muhaimin tak mau merinci pos menteri yang disiapkan Prabowo untuk kader PKB. Ia hanya menyatakan telah memberikan kesanggupan dari seluruh kader PKB termasuk dirinya untuk turut membantu Prabowo bila dipilih masuk dalam kabinet.

"Karena itu intinya kami siap, kader kader PKB siap dimanapun diperintah untuk mensukseskan pemerintahan," ujar Muhaimin. Ia pun berkelit saat ditanya wartawan mengenai posisi yang akan ia jabat dalam kabinet Prabowo nanti. "Nanti siapapun Pak Prabowo langsung yang akan sampaikan pada saatnya, " ujar Muhaimin lagi. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan (Zulhas), Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia telah lebih dahulu tiba. Selain itu juga ada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Beberapa nama lain yang telah lebih dahulu menemui Prabowo adalah Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, Politikus Gerindra Fadli Zon, dan Budiman Sudjatmiko. Adapula Sekretaris Jenderal BPNU Saifullah Yusuf atau biasa disapa Gus Ipul. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan sejumlah nama tokoh mulai berdatangan. Ada yang merupakan kader partai dan ada pula yang tidak berlatang belakang partai. 

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Muhammad Sarmuji kedatangan para tokoh ke Kertanegara merupakan bagian dari tahapan dalam penentuan kabinet Prabowo. Adapun, Prabowo - Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 mendatang.

 Nama-nama yang akan mengisi kursi menteri dikabarkan akan langsung diumumkan pada hari yang sama dengan pelantikan Prabowo. Selanjutnya para menteri terpilih akan mengikuti beberapa persiapan sebelum efektif bekerja. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...