Profil Sugiono, Waketum Gerindra Disebut Calon Menlu di Kabinet Prabowo

Amelia Yesidora
14 Oktober 2024, 19:08
Prabowo
Dok. Tim Media Prabowo Subianto
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menjawab desakan seluruh kader partainya yang meminta dirinya maju kembali sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono, mendatangi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto sore ini. Kedatangannya pada Senin (14/10) bersamaan dengan momen Prabowo memanggil sejumlah tokoh yang akan masuk dalam kabinet Prabowo - Gibran. 

Nama Sugiono saat ini masuk dalam salah satu tokoh partai yang potensial masuk daftar kabinet. Namanya santet disebut sebagai kandidat muat mengisi posisi  Menteri Luar Negeri di kabinet Prabowo.

Isu ini sempat juga disebut oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo pada 8 maret lalu. “Saudara-saudara, wakil fraksi yang hadir, saya lihat ada Pak Sugiono, calon menteri kabinet yang akan datang,” katanya dalam pelantikan Wakil Ketua MPR Fraksi PPP, Amir Uskara. 

Usai bertemu dengan Prabowo, Sugiono enggan mengomentari kabar tersebut. Ia hanya memastikan dirinya siap membantu bila diberi kepercayaan oleh Prabowo. 

Selain Sugiono, hari ini Prabowo juga menerima sekitar 30 orang tamu yang kabarnya bakal membantu Prabowo dalam kabinetnya. Beberapa di antaranya adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, pegiat HAM Natalius Pigai, hingga pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra.

Di internal Gerindra nama Sugiono tidaklah asing. Ia adalah alumni dari SMA Taruna Nusantara yang lulus pada 1997 dan menjadi orang kepercayaan Prabowo dengan menjabat wakil ketua umum. Ia menjabat Ketua Lembaga Perguruan Taruna Nusantara alias LPTTN.

Latar belakangnya ini sempat menjadi salah satu dasar isu bakal menjadi menteri Prabowo. Pasalnya adik Prabowo sekaligus Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, menyebut akan ada empat orang alumni Taruna Nusantara yang masuk dalam kabient Prabowo.

Calon pengganti Retno Marsudi tersebut lahir dan besar di Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979. Barulah pada 1994, ia bertolak ke Magelang untuk belajar ke SMA Taruna Nusantara. Pendidikan tingginya dihabiskan di Norwich Military Academy, Amerika Serikat.

Ia mulai terjun ke politik sebagai anggota DPR Komisi 1 pada 2019. Saat itu, ia membantu Prabowo Subianto selaku Direktur Kampanye Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga.

Sugiono juga pernah menjabat Wakil Ketua Umum dan Ketua Harian DPP Gerindra pada 2020–2025. Di rentang waktu yang sama, yakni pada 2021–2024, ia menjadi Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI.

Mengutip laman resmi Gerindra, Prabowo sempat menyebut Sugiono sebagai anak ideologisnya. Ia pun juga pernah menjadi sekretaris pribadi Prabowo.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...