Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Timnas Tumbang dari Cina 2-1

Ameidyo Daud Nasution
15 Oktober 2024, 21:38
timnas, cina, thom haye, piala dunia
Antara
Pemain Timnas Thom Haye (kiri) usai mencetak gol dalam pertandingan melawan Cina di Qingdao, Cina, Selasa (15/10). Foto: Antara
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Catatan tanpa terkalahkan Indonesia dalam kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026 berakhir. Ini setelah Tim Nasional dikalahkan tuan rumah Cina dengan skor 2-1.

Dikutip dari Antara, pada pertandingan yang digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10, Timnas sebenarnya mampu mengurung tuan rumah. Meski demikian, beberapa kali Cina mampu melancarkan serangan balik.

Timnas kebobolan pada menit 21 usai pemain Cina, Jiang Shenglong berhasil mencuri bola yang seharusnya bisa dikontrol Shayne Pattynama di kotak penalti Indonesia. Jiang lalu mengoper ke Behram Abduweli yang langsung memasukkan bola ke gawang Maarten Paes.

Tertinggal, Timnas terus mengambil inisiatif untuk menyerang, namun beberapa kali gagal. Sedangkan Cina merespons dengan serangan balik.

Dengan skema ini, Cina berhasil menambah keunggulan mereka lewat gol Yuning Zhang pada menit 44. Kedudukan ini bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, pelatih Shin Tae-yong memasukkan tiga pemain yakni Marselino Ferdinan menggantikan Witan Sulaeman, Rizky Ridho menggantikan Shayne Pattynama, dan Thom Haye menggantikan Mees Hilgers.

Intensitas serangan juga terus dilancarkan Tim Garuda. Bahkan, Timnas mampu menguasai pertandingan dengan penguasaan bola 76% berbanding 24% milik Cina.

Gol yang ditunggu penggemar Timnas pun tiba pada menit 86 lewat sepakan Thom Haye. Haye berhasil menyambar bila usai pemain Cina tak menghalau lemparan bola Pratama Arhan dengan sempurna.

Timnas terus berusaha menambah pundi-pundi gol di sisi waktu pertandingan, namun kandas.

Dengan hasil ini, Indonesia berada di ranking lima Grup C dengan perolehan tiga poin. Jumlah poin ini hanya terpaut dua poin dari Australia yang berada di posisi dua.

Timnas akan kembali melanjutkan pertandingan kualifikasi melawan Jepang pada 15 November 2024 dan melawan Arab Saudi pada 19 November 2024.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...