Daftar 7 Menteri Koordinator Kabinet Prabowo, Ada Budi Gunawan, AHY dan Cak Imin

Yuliawati
Oleh Yuliawati
20 Oktober 2024, 17:17
Pekerja menyiapkan karpet merah untuk acara pisah sambut presiden di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.
Pekerja menyiapkan karpet merah untuk acara pisah sambut presiden di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Prabowo Subianto akan mengumumkan daftar menteri kabinet dan kepala lembaga di Istana Merdeka Jakarta pada Minggu (20/10), malam.  Ada tujuh orang yang akan menjabat Menteri Koordinator atau Menko, sebagian merupakan pimpinan partai politik. 

"Nanti malam, insyaallah nanti malam," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjawab pertanyaan wartawan saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

Dari daftar nama menteri yang diterima Katadata, terdapat tujuh orang yang akan menjabat Menteri Koordinator atau Menko. Berikut daftar tujuh menko di kabinet Prabowo:

1. Kementerian Koordinator Bidang Politik dan Keamanan: Budi Gunawan
2. Kementerian Koordinator Bidang Hukum: Yusril Ihza Mahendra
3. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian: Airlangga Hartarto
4. Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur: Agus Harimurti Yudhoyono
5. Kementerian Koordinator Bidang Pangan: Zulkifli Hasan
6. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Pratikno
7. Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Masyarakat: Muhaimin Iskandar

Mantan Kepala Badan Intelijen (BIN) Budi Gunawan menjadi sorotan khusus dalam kabinet Prabowo. BG yang dekat dengan Megawati dianggap sebagai perwakilan PDIP.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menjelaskan BG tidak merepresentasikan partainya jika nantinya masuk kabinet pemerintahan Prabowo. "Pak BG (Budi Gunawan) masuk dalam profesional," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Puan mengatakan sejauh ini tidak ada kader PDIP yang direncanakan masuk kabinet Prabowo-Gibran. Namun, hal itu bukan berarti PDIP tidak mendukung pemerintahan selanjutnya.

Adapun Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), merespons rumor dirinya akan menjadi Menteri Koordinator (Menko) di kabinet yang akan dipimpin Prabowo.

Putra presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu enggan menjawab secara jelas, ia hanya berkata untuk menunggu pengumuman resmi dari Prabowo selaku presiden terpilih. "Nanti tunggu pengumumannya," kata AHY di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

AHY berharap kabinet yang disusun Prabowo dapat menjadi superteam yang efektif di lima tahun kedepan pemerintahannya. "Mudah-mudahan bisa menjadi sebuah superteam yang solid dan efektif menjalankan tugas-tugasnya," kata dia.

Beberapa hari sebelum pelantikan, Prabowo telah memanggil 100 lebih calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan ke kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta. Dia juga memberi pembekalan kepada mereka di kediamannya yang berada di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Para calon Menteri, calon wakil menteri dan kepala lembaga juga mendapat pembekalan di kediaman Prabowo di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (16/10) dan Kamis (17/10). Saat itu, Prabowo memberi arahan berbagai topik: geopolitik, geoekonomi, kecukupan gizi masyarakat, hingga program makan bergizi gratis yang menjadi janji kampanye pemimpin terpilih.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...