Prabowo Umumkan Daftar Menteri Malam Ini, Yusril hingga Bahlil Hadir di Istana

Ira Guslina Sufa
20 Oktober 2024, 20:03
Prabowo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Menteri BUMN Erick Thohir tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Presiden Prabowo Subianto memanggil para calon menteri kabinet periode 2024-2029 ke Istana Merdeka, Jakarta, Minggu malam. Prabowo dijadwalkan akan mengumumkan secara resmi nama-nama menteri yang akan membantunya di pemerintahan mendatang. 

Prabowo rencananya akan mengumumkan nama-nama calon menteri pada pukul 20.30 WIB.  Beberapa tokoh baik dari kalangan partai politik dan profesional sudah mulai berdatangan ke istana. Hingga pukul 20.00 WIB mayoritas calon menteri sudah datang ke istana. Salah satu di antaranya adalah Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia Otto Hasibuan. 

"Saya diundang, Presiden Prabowo akan mengumumkan susunan kabinetnya," kata Otto. 

Di lokasi yang sama, Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti sekaligus calon kuat Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah juga hadir ke Istana Kepresidenan Jakarta. Selain Otto dan Abdul Mu'ti juga tampak hadir politikus dan aktivis Indonesia Viva Yoga Mauladi, tokoh agrobisnis Widiyanti Putri Wardhana, dan guru besar hukum ST Burhanuddin.

Beberapa pimpinan partai politik seperti Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia sudah tiba di istana. Tokoh lain adalah Yusril Ihza Mahendra, Tito Karnavian. Budi Arie Setiadi, dan Airlangga Hartarto. 

Airlangga yang kembali diplot untuk menempati posisi Menteri Koordinator Perekonomian menyatakan akan menurunkan beberapa program yang hari ini disampaikan Prabowo dalam pidato perdana usai pelantikan. Beberapa di antaranya adalah upaya untuk swasembada dan mengatur ulang pemberian subsidi. 

Beberapa tokoh lain yang sudah datang adalah Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Amran Sulaiman, Menteri Perikanan dan Kelautan Sakti Wahyu Trenggono. Adapula Widiyanti Putri Wardhana yang dikabarkan akan mengisi posisi Menteri Pariwisata.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...