Luhut Masuk Kabinet Prabowo, Jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Oktober 2024, 10:55
Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Youtube/Sekretariat Presiden
Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Luhut Binsar Pandjaitan kembali masuk kabinet. Ini Setelah Presiden Prabowo Subianto menunjuk Luhut sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Luhut juga mengambil sumpah sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional bersamaan para menteri. Penunjukan Luhut diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 139 P Tahun 2024.

"Mengangkat Jenderal TNI Purn Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional," demikian keterangan pembawa acara seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (21/10).

Luhut sebelumnya menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada 2016-2019 dan 2019-2024. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada 2015-2016.

Pada awal pemerintahan Presiden ke-7 Joko Widodo, Luhut sempat menjabat sebagai Kepala Staf Presiden. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada pemerintahan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid pada 2000 hingga 2001. 

Dengan masuknya Luhut, maka semakin bertambah anggota Kabinet Indonesia Maju yang memperkuat Kabinet Merah Putih. Nama-nama lain yang masuk antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Lalu ada Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, hingga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Pratikno.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...