Antar Kader PSI, Kaesang Hadiri Pelantikan Menteri Prabowo di Istana

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Oktober 2024, 11:26
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10). Foto: M Fajar Riyandanu/Katadata
Katadata
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10). Foto: M Fajar Riyandanu/Katadata
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Putera bungsu Presiden RI ke-7 Joko Widodo, Kaesang Pangarep turut hadir dalam agenda pelantikan para menteri, wakil menteri dan kepala lembaga anggota Kabinet Merah-Putih di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (21/10).

Kehadiran Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu bertujuan untuk mengantar kader PSI yang akan dilantik menjadi menteri dan wakil menteri Kabinet Merah-Putih. Ada tiga kader PSI yang ditunjuk oleh Presiden Prabowo untuk menjadi bagian dari anggota Kabinet Merah-Putih.

Mereka adalah adalah Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Menteri Kehutanan dan anggota Dewan Pembina PSI Giring Ganesha dan Ratu Ayu Bagoes Oka. Dua orang itu masing-masing menjadi Wakil Menteri Kebudayaan dan Wakil Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

"Kader terbaik dari PSI alhamdulillah, Pak Presiden mempercayai kami, mempercayai Pak Raja Juli sebagai Menteri Kehutanan," kata Kaesang kepada wartawan di gerbang masuk Istana.

Kaesang menitip pesan kepada Raja Juli, Giring dan Bagoes Oka agar lebih bekerja keras setelah dipercaya menjadi bagian dari pemerintahan Prabowo.

Di sisi lain, Raja Juli juga tak banyak bicara. Dia hanya mengatakan bahwa Pemerintahan Prabowo berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Beliau sudah berkali-kali menyampaikan akan meneruskan, bahkan akan menuntaskan," kata Raja Juli.

Presiden Prabowo melantik 53 menteri dan kepala lembaga hari ini. Komposisi menteri di Kabinet Merah-Putih terdiri dari 7 kementerian koordinator, 41 kementerian teknis dan 5 kementerian/lembaga di luar koordinasi kementerian koordinator.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...