Profil Menlu Sugiono, Anak Ideologis Prabowo Resmi Gantikan Tugas Retno Marsudi

Ira Guslina Sufa
21 Oktober 2024, 12:46
Prabowo
(ANTARA/Genta Tenri Mawangi/Walda Marison)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus anggota DPR RI Sugiono
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Prabowo Subianto resmi melantik 48 menteri dalam susunan Kabinet Merah Putih periode 2024–2029. Pelantikan jajaran menteri berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 133/P Tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih periode 2024–2029. 

Proses pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pembacaan keputusan presiden beserta daftar nama-nama yang dilantik menjadi menteri dan jabatannya.

Selain 48 menteri, Presiden Prabowo juga melantik lima pejabat setingkat menteri  yakni Jaksa Agung, Kepala Badan Intelijen Negara, Kepala Staf Kepresidenan, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Ketua Dewan Ekonomi Nasional, dan Wakil Kepala Staf Kepresidenan.

Salah satu menteri yang dilantik Prabowo adalah Menteri Luar Negeri yang kini dijabat Sugiono. Sugiono selanjutnya akan menggantikan tugas Retno Marsudi yang telah memimpin Kementerian Luar Negeri sejak 2014-2024. 

Dalam melaksanakan tugasnya nanti, Sugiono akan dibantu oleh tiga orang wakil menteri. Mereka adalah Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Wakil Tetap RI untuk PBB Arrmanatha Nasir, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno. 

Sugiono sebelumnya mengaku siap ditempatkan di posisi manapun untuk mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.  "Saya prajurit, apapun yang diberikan tugas kepada saya akan laksanakan sebaik baiknya dengan penuh tanggung jawab," kata Sugiono. 

Di hari pertama setelah namanya resmi diumumkan Prabowo sebagai Menlu pada Minggu (20/10) Sugiono telah memulai tugas meski baru resmi dilantik pada esok harinya. Ia turut menyambut tamu negara yang datang ke Tanah Air untuk upacara pelantikan Prabowo-Gibran, Sabtu (19/10). Ia menyambut Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Seperti apa profil dan rekam jejak Sugiono yang dipercaya Prabowo menjadi Menteri Luar Negeri? 

Profil Sugiono, Ditunjuk Prabowo jadi Menteri Luar Negeri

Di internal Gerindra nama Sugiono tidaklah asing. Ia adalah alumni dari SMA Taruna Nusantara yang lulus pada 1997 dan menjadi orang kepercayaan Prabowo dengan menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Ia juga dipercaya menjadi Ketua Lembaga Perguruan Taruna Nusantara alias LPTTN.

Pada periode 2019-2024 Sugiono bertugas sebagai Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi urusan politik luar negeri dan pertahanan. Lahir di Takengon, Aceh, Sugiono yang kini berusia 42 tahun, dikenal sebagai sosok yang memiliki peran penting dalam Partai Gerindra. 

Sugiono menempuh pendidikan militernya di Norwich Military Academy, Amerika Serikat, setelah menyelesaikan pendidikan di SMA Taruna Nusantara pada 1997. Sebagai salah satu anggota angkatan ke-5 SMA Taruna Nusantara, Sugiono dikenal sebagai bagian dari kelompok intelektual muda yang sering berdiskusi dengan Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra.

Dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Prabowo memperkenalkan Sugiono sebagai anggota tim kampanye yang diberi julukan ksatria jedi. Sugiono dianggap sebagai kader ideologis Prabowo, dengan pandangan politik yang sejalan dengan mantan Komandan Jenderal Kopassus tersebut.

Sugiono juga disebut-sebut akan menduduki posisi penting dalam kabinet jika Prabowo terpilih sebagai presiden. Dalam sebuah acara pada 8 Maret 2024, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengisyaratkan bahwa Sugiono mungkin akan menjadi Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) dalam pemerintahan Prabowo mendatang.

Mengutip laman resmi Gerindra, Prabowo sempat menyebut Sugiono sebagai anak ideologisnya. Ia pun juga pernah menjadi sekretaris pribadi Prabowo.

Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...