Profil Mayor Teddy, Mantan Ajudan Prabowo yang Kariernya Melesat Jadi Setkab

Kamila Meilina
21 Oktober 2024, 15:22
Mayor Teddy Indra Wijaya memberikan hormat kepada Presiden Prabowo Subianto saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). \
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/Spt.
Mayor Teddy Indra Wijaya memberikan hormat kepada Presiden Prabowo Subianto saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). \
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Mayor Teddy Indra Wijaya yang merupakan mantan ajudan Prabowo Subianto diangkat menjadi Sekretaris Kabinet (Setkab) Merah Putih. Jabatan Mayor Teddy ini melesat dari kariernya sebagai Perwira Menengah TNI Angkatan Darat.

Meski sudah menjadi pejabat setingkat Menteri, Teddy masih bertugas menjadi ajudan Prabowo Subianto. Saat proses pelantikan Menteri pada Senin (21/10), Teddy masih mendampingi dan berada di belakang Presiden. 

Mayor Teddy merupakan sosok yang dekat dengan Prabowo. Teddy dipercaya menghubungi para calon menteri. Dia juga menyiapkan Surat Keputusan (SK) penetapan menteri dan kepala negara yang akan ditandatangani oleh menteri dan juga Prabowo.

Selama empat tahun terakhir Teddy bertugas sebagai ajudan Prabowo saat Ketua Umum Partai Gerindra itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Prabowo pun melibatkannya selama proses kampanye dan debat pemilihan presiden.

Kehadiran Teddy selama debat calon presiden-calon wakil presiden dan kampanye menuai kontroversi. Teddy yang merupakan anggota TNI aktif berdiri di barisan pendukung Prabowo-Gibran dengan mengenakan kemeja biru muda yang identik dengan setelan pendukung pasangan tersebut sejak debat yang berlangsung Desember 2023.

Memadamkan kontroversi itu, Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono menjelaskan Teddy hadir sebagai ajudan Prabowo.

Sejak itu, Mayor Teddy menjadi pusat perhatian. Sosoknya viral di media sosial saat menyelamatkan gadis yang pingsan saat ikut kampanye Prabowo-Gibran.

Profil Mayor Teddy

Mayor Teddy lahir 14 April 1989 di Manado, Sulawesi Utara. Ia lahir di keluarga militer, dari pasangan Kolonel Inf. (Purn) Giyono dan Mayor Caj (K) Patris R.A. Rumbayan

Selain latar belakang keluarga, ketertarikannya terhadap dunia militer telah terlihat sejak usia belia. Ia menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang dan lulus pada 2007.

Mayor Teddy mengawali kariernya di militer usai lulus dari Akademi Militer di Jawa Tengah pada 2011. Usai lulus, Teddy langsung bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Tahun 2014, Teddy ditunjuk sebagai asisten ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014 hingga 2019. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di US Army Ranger School di Fort Benning, Amerika Serikat.

US Army Ranger School merupakan sekolah wajib bagi semua perwira infanteri tentara AS.

Teddy meraih gelar lulusan terbaik dengan dua penghargaan yakni Commandant List Award dan Gold APFT (Army Physical Fitness Test). Pada 2020, Teddy berhasil meraih kualifikasi sebagai anggota Pasukan Elite US Army Ranger. Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, Teddy kembali ke Indonesia.

Pulang dari Negeri Abang Sam, Teddy kembali ke Tanah Air dan ditunjuk sebagai ajudan Menteri Pertahanan Prabowo sejak 2020. Pangkatnya pun naik dari kapten menjadi mayor.

Riwayat Jabatan Militer Teddy Indra Wijaya

  • Komandan Peleton 3,2,1 di Batalyon Kopassus
  • Ajudan Kasum TNI
  • Perwira Operasi Batalyon 13 Kopassus
  • Asisten Ajudan Presiden Joko Widodo
  • Pama Sat-81 Gultor Mabes TNI (Pendidikan di Amerika)
  • Komandan Tim 1 dan 2 di Batalyon Kopassus
  • Ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
  • Wakil Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu

Reporter: Kamila Meilina
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...