Pemerintah Pastikan Layanan Publik Tetap Jalan Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Ira Guslina Sufa
25 Desember 2024, 09:00
Natal
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.
Warga mengisi berkas untuk pengurusan dokumen saat Gebyar Pelayanan Publik Terpadu 2024 di Mal Pelayanan Publik Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/12/2024).
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Rini Widyantini bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid membahas pelayanan publik selama natal dan tahun baru 2025 (nataru). Dalam pertemuan itu kedua menteri memastikan pelayanan publik tetap berjalan. 

Rini mengatakan, tersedianya pelayanan publik selama libur natal dan tahun baru telah diatur dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 06 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Ia bersama Meutya pun telah menyiapkan cara agar masyarakat bisa melaporkan pelayanan publik yang tidak berjalan selama periode libur nataru.

“Kami mengimbau kepada seluruh instansi pemerintah tetap melaksanakan pelayanan publik, meski libur Nataru," kata Rini dalam keterangan yang dikutip Rabu (25/12).

Rini meminta instansi pemerintah melalui organisasi penyelenggara pelayanan publik dapat menjamin pelayanan publik esensial tetap tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat. Layanan itu mencakup bidang kesehatan, transportasi, keamanan, dan lainnya.

Kementerian PANRB meminta pimpinan instansi selektif memberikan cuti tahunan dengan mempertimbangkan beban kerja, sifat, dan karakteristik tugas. Pemberian cuti juga perlu melihat jumlah pegawai dari instansi pemberi layanan. “Cuti tetap diprioritaskan untuk pegawai yang merayakan Natal,” ujar Rini. 

Sementara bagi layanan yang memberlakukan ketentuan jam kerja bergilir atau shift, Rini mengimbau untuk diatur kembali jam layanan agar tidak mengganggu pelayanan dan memberikan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan. Instansi pemerintah juga diminta untuk secara aktif membuka akses kanal pengaduan melalui LAPOR! (www.lapor.go.id), kanal aduan tatap muka, dan media lainnya dalam menampung aspirasi masyarakat di masa libur Nataru.

Rini meminta seluruh instansi pemerintah memberikan informasi kepada masyarakat apabila ada perubahan jadwal atau cara mengakses layanan selama masa libur Nataru. Dia berharap masyarakat tetap dilayani dengan baik dan merasakan kenyamanan terhadap layanan meski sedang menikmati liburan, dan perayaan Natal dan tahun baru.

Sementara itu, Meutya menyampaikan bahwa presiden menugaskan para menteri untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan dengan baik selama Nataru. Kemudian mengenai arus liburan Nataru yang harus dijalankan dengan aman dan lancar, Meutya meminta masyarakat dapat menyampaikan aduan jika menemukan pelayanan publik yang tidak beroperasi saat Nataru.

Masyarakat juga dapat mengadukan pelayanan di lingkup Kementerian Komdigi yang tidak berjalan optimal, melalui layanan informasi @pmt.komdigi.

"Kami ditugaskan hal yang sama untuk memastikan bahwa baik layanan publik ataupun kenyamanan masyarakat di dalam menghadapi libur Natal dan tahun baru itu dijaminkan untuk dapat berjalan dengan lancar," ujar Meutya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...