Ganjar Respons Kalah dari Anies versi Litbang Kompas: Ada Survei Lain

Ade Rosman
11 Desember 2023, 13:39
Ganjar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) melambaikan tangannya saat tiba di Pasar Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023).

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menanggapi hasil survei terbaru yang dirilis Litbang Kompas pada Senin (11/12). Dalam survei yang digelar pada 29 November - 4 Desember terhadap 1.364 responden itu suara pasangan Ganjar - Mahfud MD hanya berada di angka 15,3%. 

Hasil yang dicapai tersebut menempatkan pasangan Ganjar - Mahfud di urutan ketiga di bawah pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar yang meraih 16,7% suara. Adapun di urutan pertama ditempati pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dengan elektabilitas 39,3%. 

Menanggapi temuan survei itu, Ganjar hanya menjawab santai. "Tidak apa-apa, jadi sebenarnya ada survei-survei yang lain," kata Ganjar kepada wartawan usai menghadiri launching offline store merchandise Ganjar-Mahfud MD di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (11/12).

Kendati demikian Ganjar mengatakan, temuan survei Litbang Kompas itu dijadikannya sebagai pemicu untuk memperbaiki kinerja. Ia berkeyakinan dengan kerja keras dan soliditas tim pemenangan, suara yang akan diperoleh pada pemilu yang digelar 14 Februari 2024 akan jauh berbeda. 

"Buat kami itu menjadi pemicu saja, agar kami bisa berpacu lebih bagus lagi," kata Ganjar. 

Ganjar pun mengaku tak berkecil hati dengan hasil itu. Menurutnya, masih ada waktu tersisa yang bisa dimanfaatkan untuk konsolidasi. Di sisi lain ia tidak berkomentar lebih jauh mengenai faktor turunnya suara versi Litbang Kompas. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...