Kick-off Kampanye: Anies Baswedan di Jakarta, Cak Imin di Jombang

Amelia Yesidora
28 November 2023, 07:09
anies, anies baswedan, cak imin, kampanye politik,
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomer urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyampaikan pidato politiknya saat Deklarasi Tim Hukum Nasional AMIN di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Masa kampanye Pemilu 2024 resmi dimulai Selasa (28/11). Anies Baswedan memulai dari Tanah Merah, Jakarta Utara, sedangkan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Jombang, Jawa Timur.

“Kami sudah mempersiapkan. besok yang pertama ada di Jakarta,” kata Kapten Timnas AMIN Syaugi Alaydrus pada wartawan di depan kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPI Jakarta, Senin (27/11)

Syaugi mengatakan, ada sejarah tersendiri antara Anies dan kawasan Tanah Merah, Jakarta Utara. Meski begitu, ia tidak menjelaskan sejarah yang dimaksud.

"Pasti ada sejarah. Yang menentukan daerah kampanye pertama itu Tim Pemenangan Daerah DKI, Ustaz Khoirudin," katanya. 

Saat menjabat gubernur DKI Jakarta, Anies memberi izin mendirikan bangunan bagi warga Tanah Merah. Pada Maret, pemukiman di daerah itu terdampak ledakan dan kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Kendati sudah diberi IMB oleh Anies, Lurah Rawa Badak Selatan Suhaena menyampaikan bahwa warga hanya memiliki IMB kawasan. IMB ini hanya mengakui bangunan, bukan kepemilikan lahan di wilayah itu. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...