Mengenal Sosok Dua Moderator Debat Keempat, Bagaimana Profilnya?

Ira Guslina Sufa
21 Januari 2024, 18:31
Debat cawapres
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri) menyampaikan gagasannya disaksikan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum menggelar debat keempat pada putaran pemilihan presiden 2024. Debat yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada Minggu (21/1) malam menjadi ajang debat kedua bagi para calon wakil presiden. Mereka adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. 

Untuk memandu debat kedua, KPU telah menunjuk dua orang moderator yang akan mengawal jalannya debat. Hal yang berbeda pada debat keempat ini adalah kedua moderator yang dipilih KPU merupakan perempuan. Sedangkan pada tiga debat terdahulu moderator selalu terdiri dari satu laki-laki dan satu perempuan. 

Komisioner KPU RI August Mellaz menjelaskan pemilihan moderator ini berdasarkan kompetensi dan representasi dari stasiun televisi penyelenggara. "Kalau ini sih urusannya pengalaman, kompetensi, dan kemudian mewakili juga dari stasiun televisi penyelenggara," ujar August seperti dikutip Minggu (21/1). 

Untuk mengawal debat hari ini KPU menunjuk Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar. Keduanya merupakan sosok yang sudah sering tampil di depan publik. Selain menunjuk dua orang moderator KPU juga telah menunjuk 11 orang panelis. Panelis telah menyiapkan sejumlah pertanyaan yang akan dijawab oleh cawapres. 

Adapun tema yang akan dibahas dalam debat malam ini berkaitan dengan energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. Dalam debat baik Muhaimin, Gibran maupun Mahfud akan mendapat kesempatan sama dalam menjelaskan program dan visi misi. 

Bagaimana rekam jejak dua moderator yang memandu debat keempat pilpres 2024? 

Profil dan rekam jejak moderator debat cawapres Retno Pinasti

Retno merupakan jurnalis yang sudah lama berkiprah di televisi. Ia berkarier di SCTV dan berpengalaman menjadi moderator dalam debat Pilpres 2019. Pada pilpres 2019 saat memandu debat Retno berpasangan dengan jurnalis Zulfikar Naghi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...