Menlu Retno Walk Out saat Israel Pidato di DK PBB, Ini Pemicunya

Ameidyo Daud Nasution
25 Januari 2024, 11:56
israel, retno marsudi, pbb, menlu
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wpa.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan paparan pada acara diskusi pakar di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (16/1/2024).
Button AI Summarize

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan walk out atau keluar dari ruangan dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB soal Palestina. Walk out dilakukan ketika Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan berbicara.

Walk out dilakukan Retno karena Dubes Israel tak berada di ruangan saat delegasi Indonesia dan negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyampaikan pernyataan.

"Sebaliknya, delegasi Indonesia dan sejumlah negara OKI tak berada di ruangan saat wakil tetap Israel menyampaikan pernyataan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta, Kamis (25/1) dikutip dari Antara.

Dalam pertemuan, Retno menjelaskan sikap Indonesia pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menolak adanya negara Palestina usai perang berakhir.

"Pernyataan ini tidak dapat diterima. Hal ini menegaskan tujuan akhir Israel untuk menghapus Palestina dari peta dunia," kata Retno.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...